Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tuntaskan Uji Peluncuran Rudal ke Arah Guam


Korea Utara menerbitkan perangko baru untuk merayakan suksesnya peluncuran rudal balistik Hwasong-14 (Foto: KCNA 8 Agustus 2017). Pyongyang sedang dalam tahap akhir rencana untuk menembakkan empat rudal balistik ke arah Guam.

Korea Utara hari Kamis (10/8) mengatakan sedang dalam tahap akhir rencana menembakkan empat rudal balistik ke lepas pantai Guam, wilayah Amerika, provokasi terbaru dalam perang kata-kata antara Pyongyang dan Washington.

Negara komunis yang tertutup itu, dalam pengumuman yang terperinci, sesuatu yang tidak biasa dilakukannya, mengatakan dalam seminggu pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan disuguhkan rencana menembakkan rudal Hwasong-12 melewati Jepang ke perairan lepas pantai Guam, 3.300 kilometer ke selatan.

Media pemerintah mengatakan rudal itu akan mendarat 30 sampai 40 kilometer dari pantai Guam, di mana 163 ribu orang tinggal dan Amerika memiliki 7.000 personil militer di instalasi angkatan laut dan pangkalan udara.

Kepada kantor berita KCNA Jenderal Kim Rak Gyom, komandan pasukan roket strategis Korea Utara, mengatakan setelah rencana itu diberikan kepada Kim, militer akan "menunggu perintahnya." [ka/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG