Tautan-tautan Akses

Guam: Kecil Tapi Wilayah Amerika yang Penting di Pasifik


Kapal-kapal Angkatan Laut bersandar di pelabuhan Pangkalan Angkatan Laut Amerika di Guam. (Foto:dok)

Ancaman Korea Utara terhadap Guam menyorot wilayah Amerika Pasifik barat yang tampak besar sebagai aset militer, meskipun lebih kecil dari Singapura.

Guam bekas koloni Spanyol, telah berada di tangan Amerika sejak akhir abad ke-19. Ini adalah salah satu dari 17 wilayah yang tidak memiliki pemerintahan sendiri di Amerika Serikat.

Guam berfungsi sebagai pangkalan militer utama Amerika, dengan instalasi Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika, menempati 29 persen luas seluruh daratan pulau itu.

Ini juga merupakan pusat utama untuk kabel komunikasi bawah laut antara Amerika Serikat bagian barat, Hawaii, Australia, dan Asia.

Guam, dengan luas hanya 544 kilometer persegi, menampung kehadiran militer yang terdiri dari hampir 7.000 personil militer dan diperkirakan akan menampung ribuan orang lagi dalam waktu dekat, ketika Amerika memindahkan aset dan personil militer yang saat ini ditempatkan di pulau Okinawa, Jepang.

Guam telah menjadi pangkalan utama bagi pesawat militer Amerika sejak Perang Dunia Kedua.

Amerika membangun pangkalan udara di Guam pada tahun 1944 untuk melakukan misi pengeboman terhadap Jepang, dan telah mempertahankan keberadaannya di Guam sejak itu.

Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam menjadi tempat skuadron helikopter Angkatan Laut dan pesawat-pesawat pembom Angkatan Udara. Pangkalan itu memiliki dua landasan pacu sepanjang tiga kilometer, dan fasilitas penyimpanan besar untuk bahan bakar dan amunisi.

Pangkalan Angkatan Laut Guam adalah pelabuhan bagi empat kapal selam cepat bertenaga nuklir dan dua kapal pembantu kapal selam.

Dekatnya jarak antara Guam dan semenanjung Korea juga menjadikannya sasaran yang menarik bagi Korea Utara. Pyongyang hanya 3.380 kilometer di barat laut Guam, jarak yang mudah ditempuh. Tokyo berada 2.400 kilometer di utara, dan Taipei 2.700 kilometer di barat.

Guam adalah aset penting di Pasifik selama Perang Vietnam, sebagai basis bagi pesawat-pesawat pembom B- 52 yang melakukan tugas di Asia Tenggara. Guam juga digunakan sebagai tempat transit untuk mengevakuasi para pengungsi Vietnam. (sp/ii)

XS
SM
MD
LG