Tautan-tautan Akses

AS Berlakukan Sanksi Lebih Banyak kepada Para Pejabat Venezuela


Menteri Keuangan Amerika, Steve Mnuchin mengumumkan sanksi AS lebih banyak terhadap Venezuela.

Pemerintah Amerika telah menjatuhkan sanksi kepada delapan lagi pejabat Venezuela yang dipersalahkan telah membantu membentuk badan legislatif baru yang memperluas wewenang Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Sanksi tersebut diumumkan Rabu (9/8) oleh Departemen Keuangan AS dan akan membekukan aset pejabat yang ditarget di Amerika, termasuk saudara mendiang presiden Venezuela Hugo Chavez.

Sanksi tersebut juga akan melarang pejabat Venezuela yang ditarget bepergian ke Amerika dan melarang warga Amerika berbisnis dengan mereka.

Menteri Keuangan Amerika, Steve Mnuchin mengatakan bahwa badan Venezuela yang "tidak sah" itu berfungsi untuk memperketat "cengkeraman" Maduro terhadap negara itu.

"Pengabaian rezim ini pada kehendak rakyat Venezuela tidak dapat diterima, dan Amerika akan bersama mereka dalam menentang tirani sampai Venezuela kembali menjadi damai dan demokrasi yang sejahtera," kata Mnuchin.

Sanksi baru tersebut dijatuhkan setelah pemerintahan Trump memberlakukan sanksi pekan lalu kepada kepada Maduro sendiri dan 13 pejabat Venezuela tanggal 26 Juli. Pengecam Maduro di dalam dan di luar Venezuela telah mengecam majelis beranggotakan 545 itu sebagai upaya untuk menghilangkan pemeriksaan dan pengawasan yang masih ada akan kekuasaan Maduro.

Majelis perwakilan rakyat itu memiliki kewenangan untuk menyusun ulang konstitusi dan memberikan kewenangan kepada Maduro untuk memerintah dengan dekrit.

Sementara itu, walikota ibukota Venezuela, Caracas, yang bersembunyi dari pihak berwenang karena telah mengizinkan demonstrasi anti-pemerintah di distriknya, menyerukan agar warga terus menolak pemerintahan Maduro. Ramon Muchacho menyampaikan pesan itu dalam sebuah video yang direkam di sebuah lokasi rahasia setelah Pengadilan Tinggi Maduro memvonisnya 15 bulan penjara karena menentang perintah untuk mencegah demonstran menghalangi lalu lintas.

Muchacho adalah walikota Venezuela keempat yang telah diadili dalam 15 hari terakhir karena tidak menghentikan demonstran yang menghalangi lalu lintas di wilayah hukum mereka. Walikota kelima diadili pada hari Rabu. [my/ds]

XS
SM
MD
LG