Tautan-tautan Akses

AS

Trump Puji Dunia karena Bersikap Tegas terhadap Korea Utara


Presiden AS Donald Trump (foto: dok).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari Selasa (8/8) memuji komunitas internasional karena bersikap tegas terhadap Korea Utara terkait pengembangan senjata nuklirnya, namun duta besar Amerika untuk PBB mengatakan ia skeptis bahwa sanksi terakhir itu akan menghalangi ambisi Pyongyang.

Trump, yang sedang menjalani apa yang disebutnya “liburan kerja” di resor golfnya di New Jersey, mengatakan dalam sebuah cuitan Twitter, “Setelah kegagalan bertahun-tahun, negara-negara bersatu kembali untuk akhirnya mengatasi bahaya yang ditimbulkan oleh Korea Utara. Kita harus tangguh & tegas!” Demikian bunyi cuitan itu.

Namun, Duta Besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan dalam “Today Show” jaringan televisi NBC bahwa sanksi PBB terbaru yang bertujuan untuk memangkas $1 miliar pendapatan ekspor Korea Utara itu “tidak akan menghentikan masalah Korea Utara yang kita hadapi.”

Meskipun demikian, ia mengatakan bahwa hukuman itu akan “mengirim pesan yang sangat keras.” Ia menegaskan bahwa Trump “telah mengatakan bahwa semua opsi tersedia,” termasuk serangan bersenjata untuk menggagalkan ancaman Korea Utara, yang mengklaim bahwa rudalnya kini bisa mencapai daratan Amerika. [lt]

XS
SM
MD
LG