Tautan-tautan Akses

Ribuan Demonstran Desak Mosi Tak Percaya Parlemen terhadap Presiden Zuma


Protesters call for the removal of president Jacob Zuma in a march on Parliament in Cape Town, South Africa, Monday, Aug. 7, 2017. South Africa's parliament will vote by secret ballot on a motion of no confidence on South African President Jacob Zuma on

Warga Afrika Selatan berduyun-duyun turun ke jalan menjelang pemungutan suara mosi tidak percaya parlemen terhadap Presiden Jacob Zuma hari Selasa (8/8).

Hari Senin (7/8), ribuan demonstran menuju gedung parlemen untuk menuntut agar dalam pemungutan suara mosi tidak percaya, yang untuk pertama kalinya dilakukan secara rahasia itu, para legislator memberikan suara untuk melengserkan presiden Zuma.

Pemungutan suara hari Selasa itu adalah mosi parlemen yang kedelapan dalam upaya melengserkan presiden Jacob Zuma yang dirundung skandal dan semakin tidak populer. Berbeda dengan mosi-mosi sebelumnya, di mana Kongres Nasional Afrika yang berkuasa menggunakan suara mayoritasnya untuk mendukung Zuma, kali ini pemungutan suara dilakukan secara rahasia.

Perlu waktu 46 hari bagi ketua Dewan Nasional Baleka Mbete untuk mengambil keputusan. Kemudian ia membacakan keputusan yang dituangkan dengan kata-kata yang dipilih dengan hati-hati, selama 12 menit.

"Karena itu saya menetapkan bahwa pemungutan suara mosi tidak percaya terhadap presiden pada tanggal 8 Agustus 2017 akan dilakukan secara rahasia,” kata Mbete.

Partai-partai oposisi telah minta agar pemungutan suara dilakukan secara rahasia agar para pengecam dalam partai ANC yang dikenal disiplin berani memberikan suara yang bertentangan dengan pemimpin mereka.

Beberapa tokoh partai, termasuk mantan menteri keuangan yang dipecat Zuma bulan Maret telah secara terang-terangan menyerukan agar Presiden Zuma meletakkan jabatan. Keputusan tidak populer untuk memecat Pravin Gordhan segera diikuti penurunan peringkat kredit Afrika Selatan ke status “junk” atau sampah.

Sementara itu, ribuan warga Afrika Selatan turun ke jalan untuk menyatakan mendukung atau menentang Zuma. Hari Senin ribuan pengecam Zuma berunjuk rasa di Cape Town menuntut agar ia dilengserkan. Demo pro-Zuma menurut rencana akan dilakukan hari Selasa.

Pendukung Zuma mengatakan jika seorang presiden dapat dilengserkan begitu saja, hal itu akan menjadi kebiasaan yang dapat merusak reputasi negara. Pengecam Zuma mengatakan, reputasi Afrika Selatan sudah hancur akibat skandal korupsi yang marak dan berpusat pada Presiden Zuma. Yang terbaru, sekitar 100 ribu email dan dokumen yang dibocorkan mengungkap kesepakatan yang tidak layak antara presiden dan sebuah keluarga kaya raya.

Jika mosi untuk melengserkan Zuma berhasil, ia dan seluruh kabinetnya harus meletakkan jabatan; tetapi, apakah itu akan terjadi semua tergantung pada angka. Untuk meloloskan mosi tidak percaya dalam parlemen yang beranggota 400 orang, semua legislator oposisi yang jumlahnya 151 orang dan 50 legislator ANC harus memberikan suara mendukung mosi tersebut. [ds]

XS
SM
MD
LG