Tautan-tautan Akses

Jepang Peringati 72 Tahun Bom Atom Hiroshima


Warga berdoa di Taman Monumen Perdamaian Hiroshima menjelang peringatan 72 tahun bom atom Hiroshima, Sabtu (5/8).

Hari Minggu (6/8) Jepang memperingati 72 tahun bom atom Hiroshima yang mengakhiri Perang Dunia Kedua. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbicara dalam upacara tahunan di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di dekat pusat jatuhnya bom.

"Di kota Hiroshima ini, sekali lagi saya berjanji akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan dunia bebas nuklir dan perdamaian abadi. Dan, saya juga berdoa untuk kedamaian para korban bom atom dan keluarga mereka, yang hadir di sini dan juga seluruh penduduk Hiroshima,” ujar Abe.

Walikota Hiroshima Kazumi Matsui mengatakan, “Selama ada senjata nuklir dan para penyusun kebijakan mengancam akan menggunakannya, kengerian yang dialami para korban bom Hiroshima dapat kita alami setiap saat.”

Ia menambahkan, "Dengan tulus saya berdoa untuk para korban bom atom, dan bersama warga di seluruh dunia saya berjanji untuk berusaha sekuat tenaga menghapus senjata nuklir yang begitu mengerikan, dan untuk mencapai perdamaian dunia.”

Amerika menjatuhkan bom atom di Hiroshima pada hari-hari terakhir Perang Dunia II, menewaskan sekitar 140 ribu orang, seketika atau segera sesudahnya akibat radiasi.

Amerika menjatuhkan satu lagi bom atom di kota pelabuhan Nagasaki tiga hari kemudian, menewaskan sekitar 70 ribu orang.

Washington menyatakan bahwa pemboman diperlukan untuk segera mengakhiri perang. Enam hari setelah pemboman terhadap Nagasaki, Jepang menyerah, dan perang berakhir.

Perserikatan Bangsa-Bangsa bulan Juli menyetujui sebuah perjanjian internasional yang melarang senjata nuklir, tetapi sembilan negara pemilik senjata nuklir memboikotnya. Para pengecam perjanjian itu mengatakan, kesepakatan tersebut mengabaikan ancaman keamanan nyata, seperti Korea Utara.

Mantan Presiden Barack Obama tahun lalu menjadi presiden aktif pertama Amerika yang mengunjungi lokasi jatuhnya bom atom di Jepang tetapi tidak menyampaikan permintaan maaf atas pemboman itu. Obama mengatakan ia tidak akan mengungkit kebijakan yang diambil presiden Amerika waktu itu, Harry Truman. [ds]

XS
SM
MD
LG