Tautan-tautan Akses

Remaja Ghana Kembangkan 'Mudclo' yang Bisa Saingi YouTube


Mesin pencari video bernama Mudclo bisa menyaingi dominasi YouTube (foto: ilustrasi).

Seorang remaja asal Ghana ingin mengembangkan mesin pencari video yang bisa menantang dominasi YouTube.

Gabriel Opare mungkin adalah pakar teknologi termuda di Ghana. Opare yang berusia 19 tahun telah mengembangkan mesin pencari video bernama Mudclo.

"Saya bahkan bisa mengklik salah satu dari nama-nama ini, misalnya, Matthew Fox, ini akan memberi saya sebuah biografi tentang Matthew Fox, lalu saya juga bisa ke situs-situs lain," ujar Opare.

Gabriel Opare mengatakan, tidak seperti YouTube, Mudclo menemukan dan menyalurkan video dari seluruh penjuru internet.

"Ini adalah poin yang penting untuk mengatakan bahwa YouTube adalah situs web yang memuat video, terdapat banyak video di sana, begitu pula Mudclo ... ada banyak video di Mudclo, tetapi keduanya adalah dua entitas yang berbeda. Sementara YouTube adalah situs yang memuat video, Mudclo menggabungkan kekuatan YouTube dan dua situs video lainnya untuk menciptakan Mudclo," tambahnya.

Opare yang sekarang seorang mahasiswa di University of Ghana mengatakan, dia terilhami oleh teman satu kelas yang berjiwa wiraswasta di sekolah menengah atas.

"Kebanyakan dari mereka berada di bawah umur tapi meskipun mereka kekurangan dana, banyak dari mereka benar-benar berusaha untuk menciptakan bisnis. Saya bertemu dengan siswa yang menciptakan organisasi, merancang busana, kelompok mode, dan saya kira gagasan itu benar-benar sesuai dengan saya," tuturnya.

Dia mengambil kelas online untuk mempelajari coding, dan menciptakan bisnis yang menurutnya akhirnya bisa mendunia.

"Saya pikir secara umum, ada satu hal dengan semua pengusaha, mereka merasa ada perasaan berharga atau memuaskan yang datang dengan menciptakan produk atau layanan yang penting bagi dunia, yang akan membuat makna di dunia, jadi saya hanya ingin berbagi perasaan bahwa kebanyakan pengusaha harus bisa menciptakan bisnis dan mengelolanya sendiri," lanjut Opare.

Dan dengan Mudclo, Gabriel Opare telah menjadi bagian dari sektor teknologi Afrika yang berkembang pesat. [ps/al]

XS
SM
MD
LG