Tautan-tautan Akses

AS Beri Bantuan Tambahan $169 Juta kepada Ethiopia dan Kenya


Seorang petani menunjukkan panennya gagal akibat kekeringan yang melanda kawasan Megenta, di Afar, Ethiopia (foto: ilustrasi).

Pemerintah Presiden Amerika Donald Trump hari Kamis (3/8) mengumumkan akan memberi tambahan 169 juta dolar bantuan kemanusiaan kepada Ethiopia dan Kenya yang dilanda kekeringan.

Badan Pembangunan Luar Negeri Amerika (USAID) mengatakan dana itu, lebih dari 136 juta dolar untuk Ethiopia dan hampir 33 juta dolar untuk Kenya, akan digunakan untuk bantuan makanan darurat, pasokan nutrisi dan layanan kesehatan.

USAID mengatakan hampir 8 juta orang Ethiopia membutuhkan bantuan kemanusiaan mendesak. Tanpa bantuan itu, menurut USAID, "kerawanan pangan bisa mencapai tingkat bencana bagi beberapa keluarga di wilayah yang terkena dampak paling parah" dan mengakibatkan “penduduk yang terimbas terpaksa mengungsi."

Di Kenya, USAID mengatakan, sekitar 2,6 juta orang "sangat kekurangan pangan" karena kondisi kekeringan berlanjut.

Putaran terakhir bantuan kemanusiaan itu menaikkan jumlah bantuan yang diberikan Amerika kepada Ethiopia dan Kenya tahun fiskal ini menjadi 458 juta dolar.

Selain kekurangan pangan akibat kekeringan, negara-negara itu harus bergulat dengan konflik bersenjata dan gejolak ekonomi yang menyebabkan berkurangnya layanan medis, perumahan, keamanan dan sanitasi. [ka/al]

XS
SM
MD
LG