Tautan-tautan Akses

AS

Trump Anugerahkan Medali Kehormatan Kepada Veteran Vietnam


Presiden Donald Trump menganugerahkan penghargaan tertinggi militer AS, Medali Kehormatan, kepada purnawirawan dokter Angkatan Darat Jim McCloughan dalam upacara di Gedung Putih, 31Juli 2017.

Presiden Donald Trump telah menganugerahkan medali kehormatan paling tinggi kepada mantan Dokter Angkatan Darat Jim “Doc” McCloughan atas jasa-jasa nya dalam pertempuran Nui Yon Hill bulan Mei 1969.

Veteran Perang Vietnam berusia 71 tahun itu adalah veteran yang pertama kali dianugerahi Medali Kehormatan oleh Presiden Donald Trump. Dia berjasa menyelamatkan 10 tentara dalam tiga hari pertempuran.

PresidenTrump mengatakan pada upacara penganugerahan medali itu di Gedung Putih :” Hari ini, bagi 320 juta rakyat Amerika yang berterima kasih, McCloughan menyandang sebuah gelar abadi, dan gelar itu adalah “Pahlawan”.”

McCloughan menderita luka beberapa kali tetapi tidak mau meninggalkan rekan-rekannya di medan perang untuk mendapat perawatan medis.

McCloughan mengatakan kepada VOA : “Saya melihat tubuh saya berlumuran darah dan saya mengatakan, “Saya tidak akan meninggalkan kalian. Kalian akan memerlukan saya.”

Hampir 50 tahun lalu, pertempuran itu melibatkan tentara Amerika dari Charlie Company, Batalion ke-tiga, Infantri ke 21 . McCloughan adalah salah satu dari hanya 89 tentara yang melawan 2000 tentara Vietnam. Lebih dari separuh warga Charlie Company tewas atau luka-luka. (sp/ii)

XS
SM
MD
LG