Tautan-tautan Akses

Pemrotes Hong Kong Pertimbangkan Bawa Kasus ke KTT Beijing


Pemimpin protes pro-demokrasi mahasiswa Hong Kong, Alex Chow (Foto: dok).
Pemimpin protes pro-demokrasi mahasiswa Hong Kong, Alex Chow (Foto: dok).

Alex Chow yang mewakili Federasi Mahasiswa, mengatakan pihak panitia sedang membahas upaya untuk menghadiri forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), yang akan dimulai 5 November mendatang.

Para pemimpin protes mahasiswa Hong Kong sedang mempertimbangkan untuk menghadiri konferensi pemimpin regional di Beijing bulan depan, guna membawa kasus mereka bagi sebuah reformasi demokrasi di wilayah semi otonomi China itu.

Alex Chow yang mewakili Federasi Mahasiswa, mengatakan dalam sebuah rapat besar hari Kamis (30/10), pihak panitia sedang membahas upaya untuk menghadiri forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), yang akan dimulai 5 November mendatang.

Konferensi yang berlangsung hingga 12 November itu, dihadiri oleh para pemimpin dunia, termasuk Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden China, Xi Jinping.

Tidak jelas apakah panitia protes akan diizinkan masuk ke China daratan, tetapi menurut Chow, jika mereka dijegal, itu akan menjadi bukti bahwa Beijing tidak peduli dengan opini penduduk Hong Kong.

Sebulan ini, para pemrotes telah berkemah di jalan-jalan dan melancarkan demonstrasi besar memprotes keputusan Beijing untuk menyaring kandidat yang ikut dalam pemilihan kepala eksekutif daerah itu pada tahun 2017.

Recommended

XS
SM
MD
LG