Tautan-tautan Akses

India Panggil Dubes Pakistan Terkait Penembakan


Dubes Pakistan di New Delhi, Salman Bashir (kiri) memenuhi panggilan Kementerian Luar Negeri India hari Rabu (9/1).
Dubes Pakistan di New Delhi, Salman Bashir (kiri) memenuhi panggilan Kementerian Luar Negeri India hari Rabu (9/1).

Pemerintah India menyampaikan protes atas insiden penembakan dua tentara India oleh pasukan Pakistan di daerah perbatasan Kashmir yang disengketakan.

India telah memanggil Duta Besar Pakistan di New Delhi untuk menyampaikan protes mengenai pembunuhan mengerikan dua orang tentara India oleh pasukan Pakistan di daerah perbatasan Kashmir yang disengketakan.

Jurubicara kementerian luar negeri India mengumumkan tindakan itu hari Rabu, hanya beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri India Salman Khursid menyebut insiden itu “mengerikan” dan menjanjikan tanggapan yang sebanding. Menteri Pertahanan India A.K. Antony kemudian menyebut bentrokan itu “sangat provokatif” dan “kejam.”

Militer India mengatakan tentaranya sedang patroli hari Selasa dekat kota Mendhar ketika pasukan Pakistan menyeberang ke Kashmir yang dikuasai India dan menembak mati dua tentara India dalam baku tembak. Mereka mengatakan pasukan Pakistan mundur setelah pertempuran itu.

Seorang pejabat militer India mengatakan jenazah salah seorang tentaranya kemudian ditemukan dirusak di Kashmir.

Insiden itu terjadi dua hari setelah Pakistan mengatakan seorang tentaranya tewas di daerah perbatasan itu.

Militer Pakistan menyangkal pasukannya melancarkan serangan tanpa provokasi dengan mengatakan tuduhan India adalah “propaganda untuk mengalihkan perhatian dunia dari penyerbuan tentara India hari Minggu, terhadap sebuah pos Pakistan di mana seorang tentara Pakistan tewas.”

Recommended

XS
SM
MD
LG