Tautan-tautan Akses

Pakistan Protes Serangan India atas Pos Militer


Dua tentara Pakistan berjaga di perbatasan Tatapani, Kashmir, sementara tentara India tampak di seberang perbatasan (foto; dok).

Dua tentara Pakistan berjaga di perbatasan Tatapani, Kashmir, sementara tentara India tampak di seberang perbatasan (foto; dok).

Pemerintah Pakistan memprotes serangan India terhadap sebuah pos militer di sepanjang perbatasan Kashmir yang disengketakan kedua negara.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan wakil komisioner tinggi India dipanggil ke kantor kementrian itu dan diserahi nota protes atas "serangan India yang tak beralasan terhadap pos Pakistan di sektor Hajpir."

Insiden hari Minggu di Kashmir menewaskan seorang tentara Pakistan dan melukai dua orang lainnya.

Pakistan mengatakan pasukan India menyeberangi perbatasan de-facto disebut "Garis Kontrol" dan "secara fisik menyerbu" sebuah pos militer Pakistan di wilayah Bagh. Mereka mengatakan pasukan India mundur setelah tembak-menembak.

Para pejabat India menolak klaim Pakistan sebagai tak berdasar dan mengatakan pasukan mereka membalas tembakan dari seberang perbatasan.

Kementerian Luar Negeri Pakistan sangat mendesak pemerintah India untuk mengambil "langkah-langkah yang tepat guna menghindari terulangnya insiden semacam itu."

India dan Pakistan telah menuduh satu sama lain melakukan beberapa pelanggaran gencatan senjata 2003 di Kashmir, wilayah yang diklaim kedua negara.

Negara bertetangga yang memiliki senjata nuklir itu telah berperang dua kali untuk memperebutkan Kashmir sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris tahun 1947.
XS
SM
MD
LG