Jumat, 25 Juli 2014 Waktu UTC: 08:58

Berita / Ekonomi

Harapan untuk Cegah Jurang Fiskal di AS Kian Redup

Harapan untuk mencegah apa yang disebut sebagai “jurang fiskal” yang akan jatuh pada tanggal 1 Januari mendatang kian meredup. Sebut saja ini “Mission Impossible” versi Washington.

Meski banyak toko menawarkan potongan harga besar, banyak analis ekonomi mengatakan pedagang eceran perlu menawarkan harga yang jauh lebih rendah lagi karena kekhawatiran akan menghadapi jurang fiskal ada di benak banyak konsumen. Kurang dari sepekan sebelum ekonomi Amerika yang belum lagi pulih harus berhadapan dengan penghematan otomatis yang kejam, kenaikan pajak untuk semua orang dan pemotongan tajam pengeluaran federal (24/12).
Meski banyak toko menawarkan potongan harga besar, banyak analis ekonomi mengatakan pedagang eceran perlu menawarkan harga yang jauh lebih rendah lagi karena kekhawatiran akan menghadapi jurang fiskal ada di benak banyak konsumen. Kurang dari sepekan sebelum ekonomi Amerika yang belum lagi pulih harus berhadapan dengan penghematan otomatis yang kejam, kenaikan pajak untuk semua orang dan pemotongan tajam pengeluaran federal (24/12).
Michael Bowman
— Mau tahu tantangannya? Kongres yang mengalami perpecahan politik dan kebuntuan kronis hanya punya beberapa hari untuk menyusun paket pengurangan defisit yang bisa diterima para anggota Kongres dari kedua partai dan Presiden Barack Obama. Paket itu harus lolos di DPR dan Kongres, serta ditandatangani oleh Presiden Barack Obama agar menjadi undang-undang selambat-lambatnya menjelang tengah malam tahun baru atau Amerika akan terjerumus ke dalam “jurang fiskal.”
 
Dengan kata lain, dalam beberapa hari ini Washington harus berhasil mencapai kesepakatan yang tidak bisa diperoleh setelah berunding bertahun-tahun, yaitu sebuah cetak biru untuk menstabilkan utang nasional Amerika yang berjumlah $16 triliun dan diperkirakan akan melebihi $20 triliun dalam beberapa tahun lagi.
 
“Saya tidak ingin kita terjerumus ke dalam jurang itu. Saya ingin menemukan solusi,” demikian pernyataan John Barrasso, senator Partai Republik, dalam acara “Fox News Sunday” yang dipertegas oleh Amy Klobuchar, senator Partai Demokrat dalam program “This Week” di stasiun televisi ABC. “Inilah saatnya untuk kembali ke meja perundingan,” tegas Klobuchar.
 
Selama lebih dari satu bulan beberapa perundingan dipimpin oleh Presiden Barack Obama – seorang Demokrat – dan Ketua DPR John Boehner dari Partai Republik. Kini John Boehner praktis telah mengundurkan diri dari perundingan. Setelah gagal memperkecil perbedaan dengan Presiden Barack Obama, John Boehner pekan lalu berupaya meloloskan undang-undang yang digagasnya yang akan menyelamatkan semua orang, kecuali para miliarder dari kenaikan pajak federal. Namun anggota-anggota Kongres Partai Republik yang beraliran ultra-konservatif menolak hal itu dan John Boehner membatalkan pemungutan suara serta menunda sidang DPR hingga pemberitahuan lebih lanjut. John Boehner mengatakan, beban untuk mencapai kesepakatan itu kini berada di tangan Presiden Barack Obama dan para pemimpin Senat.
 
Senat akan bersidang hari Kamis ini dan diperkirakan akan siap melakukan pemungutan suara tentang kesepakatan apapun yang mungkin dicapai. Beberapa anggota Senat dari Partai Republik, seperti Lindsey Graham, mengatakan bahwa mereka bersedia memilih kebijakan pajak yang lebih tinggi bagi orang-orang yang berpenghasilan tinggi sebagaimana yang dikehendaki Partai Demokrat. “Demi menyelamatkan Amerika agar tidak menjadi seperti Yunani, saya akan memilih menaikkan pendapatan – termasuk kenaikan pajak – meskipun saya tidak menyukainya,” ujar Graham yang berbicara pada program NBC “Meet the Press”.
 
Sementara itu, beberapa senator dari Partai Demokrat lainnya, seperti Amy Klobuchar, membela kesepakatan berskala besar tentang pajak dan juga pengeluaran federal, termasuk reformasi program-program dengan anggaran besar untuk menyediakan layanan kesehatan dan bantuan-bantuan lain bagi para pensiunan. “Saya ingin melihat kesepakatan yang lebih luas. Saya tidak ingin melihat yang lain dan selalu ada keajaiban. Ini Hari Natal,” paparnya.
 
Sebelum libur Natal di Hawaii Presiden Barack Obama mengusulkan paket yang diperkecil tentang pembebasan pajak bagi kelompok kelas menengah Amerika yang mungkin merupakan satu-satunya pilihan yang tersedia guna menghindari jurang fiskal. Ia mengatakan,“Sama sekali tidak beralasan untuk tidak melindungi warga Amerika dari kenaikan pajak," ujar Presiden Barack Obama.
 
Beberapa analis politik yakin para anggota Kongres mungkin akan mencapai kesepakatan hanya setelah 1 Januari saat mereka menghadapi kemarahan rakyat atas kenaikan pajak dan pendapatan yang lebih rendah digabungkan dengan pengurangan layanan pemerintah akibiat pemotongan pengeluaran federal. 

Saat itu, pasar-pasar keuangan diperkirakan akan kacau, konsumen akan membatasi pengeluaran dan para pebisnis akan menurunkan operasi mereka guna mengantisipasi langkah-langkah penghematan. Ini akan membahayakan pemulihan ekonomi Amerika yang rentan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook