Tautan-tautan Akses

AS

Obama Optimistis Kesepakatan Finansial Akan Tercapai


Presiden Barack Obama dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat John Boehner saat berbicara pada wartawan mengenai isu jurang fiskal. (Foto: Dok)

Presiden Barack Obama dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat John Boehner saat berbicara pada wartawan mengenai isu jurang fiskal. (Foto: Dok)

Obama optimistis kesepakatan mengenai isu-isu keuangan, termasuk jurang fiskal, akan tercapai sebelum Natal.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia siap melakukan “hal-hal yang sangat berat” untuk berkompromi dengan lawan-lawan politiknya di Kongres mengenai isu-isu keuangan akhir tahun yang dipertentangkan, dan ia optimistis kesepakatan dapat tercapai dalam beberapa hari.

Dalam jumpa pers Rabu di Gedung Putih, Obama mengatakan ia telah mencapai kerangka luas mengenai pemangkasan pengeluaran pemerintah dan pajak dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat John Boehner.

Tetapi Obama mengatakan banyak rekan-rekan Boehner di Partai Republik yang masih belum menyadari mereka tidak akan memenangkan setiap debat kebijakan dalam negosiasi yang berlarut-larut itu.

Presiden Obama mengatakan ia dan Boehner mungkin hanya selisih “beberapa ratus miliar dollar” untuk mencapai kesepakatan, dan ia optimistis kesepakatan dapat tercapai sebelum Natal tiba.

Gedung Putih dan Kongres kini berupaya menghindari apa yang dijuluki sebagai jurang fiskal – keharusan menaikkan pajak dan memangkas pengeluaran bernilai sekitar US$500 miliar yang akan berdampak pada hampir semua warga Amerika mulai 1 Januari.

Boehner telah mengusulkan undang-undang yang akan memperpanjang keringanan pajak bagi warga berpendapatan hingga $1 juta dollar per tahun, tetapi Gedung Putih mengatakan presiden akan memveto rancangan undang-undang tersebut jika lolos dari Kongres. Presiden Obama ingin mengakhiri keringanan pajak bagi warga berpendapatan di atas $400.000.
XS
SM
MD
LG