Tautan-tautan Akses

AS

Pemimpin AS Mendekati Kompromi Jurang Fiskal


Ketua DPR yang dikuasai oleh Partai Republik di Amerika, John Boehner, memberikan keterangan terkait negosiasi jurang fiskal dengan Presiden Obama di Capitol Hill, Selasa (18/12). (AP Photo/J. Scott Applewhite).

Ketua DPR yang dikuasai oleh Partai Republik di Amerika, John Boehner, memberikan keterangan terkait negosiasi jurang fiskal dengan Presiden Obama di Capitol Hill, Selasa (18/12). (AP Photo/J. Scott Applewhite).

Para pemimpin Amerika perlahan-lahan mendekati kompromi mengenai mandat akhir-tahun untuk pemotongan anggaran program pemerintah dan kenaikan pajak bagi hampir semua pekerja Amerika

Meskipun rintangan yang signifikan masih ada, namun garis besar kesepakatan tampaknya mulai muncul Selasa (18/12) bahkan saat Presiden AS Barack Obama dan lawan dari partai Republik di Kongres berdebat mengenai rincian mandat ini.

Selama kampanye pemilihan kembali yang sukses, Obama menyerukan akhir keringanan pajak bagi rumah tangga terkaya, yang berpenghasilan $250.000 setahun. Tapi sekarang presiden dari partai Demokrat itu, mengatakan bersedia untuk mempertahankan keringanan pajak bagi warga berpenghasilan hingga $400.000 per tahun. Ketua DPR yang dikuasai partai Republik, John Boehner, menginginkan keringanan pajak juga diberikan kepada pasangan yang berpenghasilan hingga $1 juta.

Obama juga mengurangi tuntutannya untuk pajak lebih besar selama satu dekade berikutnya dari $1,4 triliun menjadi $1,2 triliun dan mengatakan ia akan menyetujui permintaan kalangan Republik untuk mengekang pengeluaran dana pensiun pemerintah dengan mengubah cara perhitungan kenaikan uang pensiun per tahun.

Obama dan Boehner sama-sama menghadapi masalah dalam meyakinkan mitra politik mereka untuk mendukung kompromi yang mulai muncul. Di Amerika, kalangan Demokrat gigih menentang setiap perubahan program Jaminan Sosial, sementara Partai Republik tetap teguh menentang setiap kenaikan pajak, bahkan bagi rumah tangga terkaya.

Kedua belah pihak berusaha untuk menghindari apa yang disebut Washington "jurang fiskal" yaitu mandat pemotongan anggaran pertahanan dan program-program dalam negeri sekitar $500 miliar serta kenaikan pajak bagi seluruh angkatan kerja Amerika yang ditetapkan akan berlaku tanggal 1 Januari.Barack Obama
XS
SM
MD
LG