Tautan-tautan Akses

Yunani dan Mitra Eropa Hampir Capai Kesepakatan


PM Yunani Alexis Tsipras (kiri) dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dalam pertemuan di Brussels, Belgia (foto: dok).

PM Yunani Alexis Tsipras (kiri) dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dalam pertemuan di Brussels, Belgia (foto: dok).

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker hari Senin (22/6) mengatakan semua pihak dalam perundingan dana talangan Yunani, semakin mendekati suatu kesepakatan.

Para pejabat blok zona euro yang beranggotakan 19 negara memusatkan perhatian pada Yunani yang dililit utang dalam serangkaian pertemuan hari Senin (22/6), sementara mereka berupaya mencegah negara itu gagal membayar cicilan utangnya pada akhir bulan ini.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengadakan pembicaraan dengan pimpinan Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Sentral Eropa dan Komisi Eropa setelah mengungkapkan proposal baru hari Minggu, yang disebut kantornya sebagai “kesepakatan saling menguntungkan yang akan memberi solusi permanen” terhadap krisis utang Yunani itu.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker hari Senin mengatakan semua pihak semakin mendekati suatu kesepakatan. “Kami telah mencapai kemajuan selama dua hari belakangan, tetapi belum mencapai kesepakatan,” kata Juncker.

Presiden Perancis Francois Hollande juga menyebut tentang kemajuan itu, dan menekankan tentang keinginan tercapainya kesepakatan pada hari Senin ini atau dalam beberapa hari mendatang.

Yunani juga akan menjadi topik utama sewaktu menteri-menteri keuangan zona euro mengadakan pertemuan dan para pemimpin negara-negara itu menggelar KTT mereka.

KTT itu diadakan setelah pembicaraan multinasional mengenai persyaratan dana talangan 17,5 miliar dolar untuk Yunani gagal pekan lalu, karena pemerintah negara itu menolak untuk menerapkan langkah-langkah penghematan baru yang dituntut para kreditor Eropa. Para pemimpin Yunani menyatakan penghematan tersebut terlampau ketat dan melumpuhkan perekonomian negara itu.

XS
SM
MD
LG