Tautan-tautan Akses

Pejabat Yunani Berupaya Yakinkan Menteri-menteri Luar Negeri Uni Eropa


Yunani yang dililit utang memerlukan dana untuk memenuhi tenggat 30 Juni untuk membayar 1,8 miliar dolar kepada Dana Moneter Internasional.

Yunani yang dililit utang memerlukan dana untuk memenuhi tenggat 30 Juni untuk membayar 1,8 miliar dolar kepada Dana Moneter Internasional.

Para pejabat Yunani hari Senin (22/6) akan berupaya meyakinkan menteri-menteri luar negeri Uni Eropa pada sebuah pertemuan darurat di Brussels, bahwa pemerintah negara itu siap melakukan reformasi yang diperlukan, agar para kreditor internasional bersedia mengucurkan 8,2 miliar dolar lagi dana talangan.

Yunani yang dililit utang memerlukan dana tersebut untuk memenuhi tenggat 30 Juni untuk membayar 1,8 miliar dolar kepada Dana Moneter Internasional.

Sebagian orang di jalan-jalan kota Athena khawatir pemerintah akan mengusulkan langkah-langkah penghematan yang menguntungkan kreditor internasional, termasuk di antaranya memotong dana pensiun.

Pertemuan darurat itu diselenggarakan setelah pembicaraan multinasional mengenai ketentuan dana talangan 17,5 miliar dolar berakhir dengan kericuhan hari Kamis.

Menteri Negara Yunani Alekos Flabouraris hari Sabtu menyatakan pemerintah akan mengajukan proposal baru dalam pertemuan darurat itu.

Amerika Serikat hari Sabtu meminta Yunani agar mengambil beberapa keputusan fiskal yang berat yang menjurus pada segera tercapainya kesepakatan dengan kreditor internasional guna mencegah kemungkinan perpecahan zona euro yang beranggotakan 19 negara.

Menteri Keuangan Amerika Jack Lew, yang berbicara kepada CNN, juga mengatakan Athena harus bertindak sekarang juga atau menghadapi risikomenghancurkan ekonomi dan masyarakat Yunani.

XS
SM
MD
LG