Tautan-tautan Akses

AS Serukan Yunani Ambil Keputusan Fiskal 'Sulit'


Menteri Keuangan AS Jack Lew (Foto: dok.)

Menteri Keuangan AS Jack Lew (Foto: dok.)

AS hari Sabtu (20/6) menyerukan Yunani yang dililit utang untuk mengambil beberapa “keputusan fiskal yang sulit” yang mengarah pada perjanjian segera dengan para kreditur internasional untuk menghindari kemungkinan pecahnya zona euro yang beranggotakan 19 negara itu.

Menteri Keuangan AS Jack Lew, berbicara kepada CNN, mengatakan Athena harus bertindak sekarang atau berisiko menghancurkan ekonomi negaranya dan membuat rakyat Yunani menderita.

“Kini bebannya ada pada Yunani untuk meresponnya supaya bisa mencapai kesepakatan secepat mungkin,” katanya. Wawancara selengkapnya akan ditayangkan hari Minggu dalam acara Fareed Zakaria GPS di CNN.

Pemerintahan Yunani yang nyaris bangkrut itu perlu meraih perjanjian yang disebut “tunai-bagi-reformasi” sebelum 30 Juni untuk menghindari gagal bayar pinjaman sebesar 1,8 milyar dolar kepada Dana Moneter Internasional.

Athena juga berhutang 7,6 milyar dolar kepada Bank Sentral Eropa pada bulan Juli dan Agustus, tetapi sejauh ini menolak melakukan penghematan seperti yang dituntut para krediturnya.

XS
SM
MD
LG