Tautan-tautan Akses

Yunani Bersiap Hadapi Pemogokan Umum 48 Jam


Para demonstran di ibukota Athena memprotes langkah-langkah penghematan pemerintah di depan gedung parlemen Yunani (23/6).

Para demonstran di ibukota Athena memprotes langkah-langkah penghematan pemerintah di depan gedung parlemen Yunani (23/6).

Pemogokan itu dilakukan untuk menghentikan sebagian besar pelayanan umum untuk memprotes langkah-langkah penghematan.

Pemerintah Yunani yang sudah bermasalah besar bersiap-siap lagi menghadapi pemogokan umum 48 jam, sementara parlemen sedang memperdebatkan babak baru reformasi penghematan.

Seorang pengurus serikat buruh pengawas lalu-lintas udara Yunani mengatakan bandar-bandar udara akan tutup 4 jam pagi hari dan tutup lagi petang hari, pada hari Selasa dan Rabu.

Pemogokan itu dilakukan untuk menghentikan sebagian besar pelayanan umum. Dokter, sopir ambulans, wartawan dan bahkan aktor teater yang didanai negara akan turut dalam pemogokan itu.

Sementara itu, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan bank-bank Perancis telah setuju untuk membantu Yunani mengatasi krisis hutangnya dengan memperpanjang sebagian besar piutang mereka kepada pemerintah Yunani yang sedang berusaha meloloskan rancangan penghematan untuk menghindarkan kebangkrutan.

Sarkozy mengatakan hari Senin pemerintahannya telah membujuk bank-bank agar memberi Yunani waktu lebih banyak untuk membayar kembali 70 persen pinjamannya kepada swasta Perancis yang jatuh tempo dalam 3 tahun berikut.

Athena harus membayar kembali sisa 30 persen dari hutangnya kepada swasta Perancis segera pada waktu jatuh tempo. Bank-bank Perancis termasuk di antara pemegang obligasi terbesar negara Yunani.

XS
SM
MD
LG