Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Capai Persetujuan dengan Yunani


Perdana Menteri Yunani George Papandreou (kiri) dan Presiden Dewan Eropa Herman Van Rompuy dalam pertemuan Uni Eropa di Brussels, Belgia.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou (kiri) dan Presiden Dewan Eropa Herman Van Rompuy dalam pertemuan Uni Eropa di Brussels, Belgia.

Persetujuan itu menyepakati seperangkat langkah untuk menutup defisit anggaran Yunani dari tahun 2011 sampai dengan 2014.

Para pemimpin Uni Eropa mengatakan mereka telah mencapai persetujuan dengan Yunani mengenai reformasi keuangan dan ekonomi yang akan membantu negara bermasalah itu menghindarkan kebangkrutan.

Komisi Eropa mengeluarkan pernyataan Jumat pagi yang mengatakan komisi itu, IMF, Bank Sentral Uni Eropa dan pihak berwenang Yunani telah mencapai persetujuan yang memuaskan mengenai seperangkat langkah untuk menutup defisit anggaran untuk tahun 2011 sampai dengan 2014.

Para pemimpin Uni Eropa dan kreditur Yunani mengatakan kesepakatan itu perlu diterjemahkan ke dalam rancangan undang-undang yang kongkrit sebelum akhir Juni, sebelum mereka memberi kucuran pinjaman berikut sebesar 17 milyar dolar, dari total dana talangan 160 milyar dolar yang telah dijanjikan tahun lalu.

Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan privatisasi dan konsolidasi keuangan harus dilakukan oleh Yunani. Ia juga menghendaki langkah untuk merangsang lapangan pekerjaan dan pertumbuhan di negara itu.

Menteri Keuangan Yunani yang baru, Evangelos Venizelos, bertemu hari Kamis dengan para inspektur dari komisi, Bank Sentral Eropa dan IMF untuk membicarakan rancangan penghematan anggaran, yang harus disetujui oleh parlemen pekan depan kalau negara itu ingin menerima dana talangan yang sangat dibutuhkan itu.

XS
SM
MD
LG