Tautan-tautan Akses

Polisi dan Demonstran Yunani Bentrok Saat Berlangsung Aksi Pemogokan


Para demonstran melemparkan batu dan bom-bom molotov ke arah petugas keamanan di Athena (28/6).

Para demonstran melemparkan batu dan bom-bom molotov ke arah petugas keamanan di Athena (28/6).

Sekitar 4.000 polisi disiagakan di pusat ibukota Athena hari Selasa saat 20 ribu orang berdemo di lapangan depan gedung parlemen.

Polisi Yunani bentrok dengan anak-anak muda yang melempar batu dan menembakkan bom-bom molotov di ibukota Athena, pada awal dimulainya pemogokan umum selama dua hari untuk memprotes putaran baru reformasi penghematan nasional.

Sekurangnya 4.000 polisi berkumpul di pusat Athena hari Selasa ketika sekitar 20 ribu orang berdemo di lapangan di depan gedung parlemen di mana anggota parlemen mempertimbangkan rencana terbaru Perdana Menteri George Papandreou untuk menaikkan pajak, memangkas pengeluaran pemerintah dan menjual aset-aset pemerintah.

Yunani harus menyetujui rencana itu selambatnya hari Kamis untuk menghindari kegagalan memenuhi kewajibannya atas pinjaman yang diterima tahun lalu sebagai bagian dari dana talangan internasional sebesar 156 milyar dolar dan menarik 17 milyar dolar lagi dari bantuan itu.

Demonstrasi itu awalnya damai dengan demonstran berjalan menuju ibukota memukul drum dan membawa spanduk mengecam syarat-syarat dana talangan itu. Banyak diantara demonstran merasa rencana penghematan 40 milyar dolar membebani pekerja biasa dan pensiunan sementara membebaskan warga kaya.

Namun demonstrasi kemudian berubah menjadi kekerasan sewaktu anak-anak muda yang mengenakan jaket dengan penutup kepala mencongkel ubin jalanan dan mencongkel marmer dari halaman depan bangunan untuk dilempar ke arah polisi. Sebagai pembalasan, polisi menembakkan stun gun dan gas air mata ke arah demonstran. Staf hotel-hotel mewah membagikan masker kepada para wisatawan untuk menghindari gas air mata dan membantu menarik koper melewati kerusuhan itu.

Pemogokan pekerja itu melumpuhkan Yunani. Angkutan, sekolah-sekolah dan layanan lainnya ditutup juga perusahaan swasta. Ratusan penerbangan dibatalkan atau di tunda karena pengawas lalu lintas udara meninggalkan pekerjaannya. Serikat pengawas lalu-lintas udara mengatakan bandara akan ditutup selama empat jam pada pagi hari dan petang hari pada hari Selasa dan Rabu.

Dokter-dokter, pekerja kasino, wartawan dan aktor pada teater yang di danai pemerintah juga bergabung dalam pemogokan itu.

XS
SM
MD
LG