Tautan-tautan Akses

KTT Uni Eropa Bahas Krisis Keuangan Yunani


PM Yunani George Papandreou berjabat tangan dengan Presiden Dewan Eropa, Herman van Rompuy di Brussels, Belgia.

PM Yunani George Papandreou berjabat tangan dengan Presiden Dewan Eropa, Herman van Rompuy di Brussels, Belgia.

Negara-negara Eropa akan memutuskan apakah Yunani patut menerima kucuran berikut 17 milyar dolar dana talangan berikutnya.

Para pemimpin Uni Eropa akan mengadakan pertemuan puncak hari Kamis dan Jumat di Brussels yang sebagian besar membahas krisis keuangan Yunani.

Para pemimpin itu diperkirakan akan membicarakan cara-cara untuk membantu Yunani menghindarkan penunggakan hutang dan memperoleh kembali kestabilan keuangan.

Para pemimpin Uni Eropa sedang mengharapkan reformasi dari pemerintahan Perdana Menteri George Papandreou, yang memenangkan pemungutan suara dalam parlemen untuk mendukung Perdana Menteri.

Negara-negara pengguna mata uang Euro akan memutuskan tanggal 3 Juli apakah Yunani telah bertindak cukup jauh ke depan dengan reformasi ekonomi yang tajam supaya Athena patut menerima kucuran berikut 17 milyar dolar dari dana talangan 160 milyar dolar yang dijanjikan tahun lalu.

Disamping keprihatinan ekonomi Uni Eropa, pertemuan puncak Uni Eropa itu akan mempertimbangkan pengawasan perbatasan di dalam Uni Eropa dalam usaha untuk menghentikan arus imigran gelap. Para pemimpin Uni Eropa juga diperkirakan akan membicarakan Libya, sanksi ekonomi terhadap Suriah, dan kemungkinan negara Palestina.

XS
SM
MD
LG