Tautan-tautan Akses

Yunani Ajukan Penundaan bagi Program Penghematan


PM Yunani Antonis Samaras akan meminta penundaan dua tahun pelaksanaan program penghematan kepada kreditor internasional (foto: dok).

PM Yunani Antonis Samaras akan meminta penundaan dua tahun pelaksanaan program penghematan kepada kreditor internasional (foto: dok).

Dengan perekonomiannya terpuruk, pemerintah Yunani memutuskan akan minta penundaan dua tahun program penghematannya yang terbaru.

PM baru Yunani Antonis Samaras akan berkunjung ke Berlin dan Paris pekan depan untuk menemui presiden Perancis Francois Hollande dan Kanselir Jerman Angela Merkel guna memaparkan alasan mengapa Yunani perlu menunda dua tahun pelaksanaan program penghematannya.

Hari Rabu Jerman mengatakan akan mendengarkan permintaan Yunani itu, tetapi tetap menuntut pelaksanaan program itu pada waktu yang sudah disepakati.

Yunani, yang memasuki tahun kelima resesi berat dengan angka pengangguran 23 persen, telah beberapa kali nyaris tidak mampu membayar cicilan utangnya.

Yunani menemui kesulitan melakukan pengurangan anggaran belanja 14 milyar dolar memenuhi ketentuan para kreditor internasional dan bulan depan harus membayar cicilan utang baru.

Para kreditor internasional telah menetapkan program penghematan sebagai imbalan pengucuran dana talangan, yang kedua dalam dua tahun.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG