Tautan-tautan Akses

Ekonomi Yunani Terus Merosot Tajam


Para karyawan bank pemerintah 'Postbank' melakukan protes atas rencana privatisasi pemerintah Yunani di luar kantor pusat Postbank di Athena (8/8).

Para karyawan bank pemerintah 'Postbank' melakukan protes atas rencana privatisasi pemerintah Yunani di luar kantor pusat Postbank di Athena (8/8).

Ekonomi Yunani yang terperosok dalam resesi hingga tahun kelima, terus menyusut tajam dan mengalami kontraksi selama sembilan kuartal berturut-turut.

Athena Senin menyatakan bahwa ekonominya menyusut hingga sembilan kuartal berturut-turut pada periode April hingga Juni, turun 6,2 persen setelah penurunan yang lebih besar awal tahun ini.

Pekan lalu, pemerintah Yunani yang dililit utang melaporkan bahwa tingkat pengangguran di negara itu mencapai rekor di atas 23 persen.

Ekonomi Yunani semakin sulit karena para kreditor internasional bagi negara itu telah menuntut agar Athena memberlakukan langkah-langkah penghematan yang signifikan untuk memangkas defisitnya, sebagai imbalan atas pemberian dana talangan 295 miliar dolar.

Para pemimpin Yunani belum menuntaskan daftar pemangkasan belanja baru sejumlah 14 miliar dolar yang mereka perlukan untuk memastikan pencairan sebagian dana talangan pada bulan September, guna menghindari kegagalan membayar utang-utangnya.

Kesulitan ekonomi Yunani menjadi bahan kampanye Mitt Romney, kandidat calon presiden dari partai Republik, yang berusaha menyingkirkan Presiden Barack Obama, seorang Demokrat, dalam pemilihan bulan November. Romney mengatakan pada rapat umum akhir pekan lalu bahwa Amerika, tanpa reformasi keuangan, akan menjadi seperti Yunani.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG