Tautan-tautan Akses

WWF: Mozambik Lokasi Utama Pembantaian Gajah


Gajah-gajah di Afrika dibantai oleh para pemburu liar untuk diambil gadingnya (foto: dok).

Gajah-gajah di Afrika dibantai oleh para pemburu liar untuk diambil gadingnya (foto: dok).

Seorang pakar pada World Wildlife Fund (WWF) mengatakan Mozambik adalah salah satu lokasi utama pembantaian gajah dan transportasi gading ilegal di Afrika.

Pakar Kebijakan Perdagangan Satwa Liar WWF, Colman O'Criodain menyampaikan komentar itu, menanggapi laporan hari Kamis yang menyebutkan sampai 900 ekor gajah mati di Mozambik utara dalam periode tiga tahun yang berakhir tahun 2013.

Organisasi konservasi satwa liar itu mengatakan penyebab kematian tampaknya akibat perburuan liar.

WWF mengatakan dibutuhkan aksi internasional segera untuk menghentikan pembantaian gajah. Organisasi itu mengatakan dalam satu pemantauan terhadap Taman Nasional Quirimbas Mozambik tahun lalu, hampir separuh dari gajah yang tampak dari udara adalah bangkai.

Permintaan akan gading mendorong peningkatan perburuan dan penyelundupan gading gajah di seluruh Afrika. Permintaan itu sangat kuat di beberapa negara Asia, di mana gading digunakan untuk membuat ornamen dan perhiasan.

Laporan yang dirilis pimpinan Convention of International Trade in Endangered Species of Wild Flora dan Flora (CITES) Jumat lalu menyebutkan, lebih dari 20 ribu gajah dibantai di Afrika pada tahun 2013.

Sekretariat organisasi itu mengatakan tingkat perburuan "jauh melampaui" tingkat pertumbuhan alami gajah.
XS
SM
MD
LG