Tautan-tautan Akses

Perburuan Liar Akibatkan Populasi Gajah Afrika Turun


Yao Ming, bintang bola basket China, mengamati bangkai gajah yang mati karena perburuan liar di Samburu, Kenya, Afrika, 16/8/2012.

Yao Ming, bintang bola basket China, mengamati bangkai gajah yang mati karena perburuan liar di Samburu, Kenya, Afrika, 16/8/2012.

Para ahli satwa liar mengatakan populasi gajah Afrika menurun lagi setelah lebih dari 20.000 hewan besar itu dibunuh tahun lalu, umumnya untuk diambil gadingnya.

Sebuah laporan dari pengawas satwa langka CITES menyebut tingkat perburuan liar sangat menggelisahkan dan mengatakan pembunuhan itu jauh melebihi tingkat pertumbuhan alami populasi gajah. Laporan itu menyatakan di beberapa daerah, gajah bisa segera punah.

Laporan itu mencatat banyak negara telah mengambil langkah-langkah untuk memerangi pemburu liar dan menghentikan perdagangan gading secara gelap yang selama ini mendorong pembantaian gajah.

Dikatakan, perburuan liar menurun secara substansial di taman-taman nasional di Chad, Zimbabwe dan Uganda tahun 2013 tetapi meningkat tajam di taman nasional Dzanga Sangha di Republik Afrika Tengah yang bergejolak.

Laporan itu mengatakan negara-negara di Afrika Timur melakukan penyitaan gading besar-besaran - tetapi menyatakan volume gading yang disita itu menunjukkan kelompok-kelompok kriminal internasional terlibat dalam perburuan tersebut.

XS
SM
MD
LG