Tautan-tautan Akses

PM Jepang Tak Akan Penuhi Undangan Obama


PM Jepang Naoto Kan kemungkinan harus meletakkan jabatan akhir bulan ini, sehingga tak memenuhi undangan Presiden Obama.

PM Jepang Naoto Kan kemungkinan harus meletakkan jabatan akhir bulan ini, sehingga tak memenuhi undangan Presiden Obama.

Jurubicara pemerintah Jepang mengatakan, kunjungan PM Naoto Kan ke Washington mustahil dilakukan mengingat situasi politik di Jepang.

PM Jepang Naoto Kan tidak akan memenuhi undangan presiden Barack Obama untuk berkunjung ke Amerika bulan depan.

Jurubicara pemerintah Jepang, Yukio Edano, mengungkapkan keputusan itu kepada wartawan hari Jumat dengan mengatakan kunjungan mustahil dilakukan mengingat situasi politik di Jepang. Edano mengatakan Tokyo telah memberitahu duta besar Amerika untuk Jepang, John Roos.

Pengumuman itu dikeluarkan beberapa hari sebelum wakil presiden Joe Biden dijadwalkan mengunjungi Jepang sebagai bagian dari lawatan yang juga mencakup kunjungan ke Tiongkok dan Mongolia.

PM Kan dikecam keras karena cara pemerintah menangani akibat bencana gempa dan tsunami tanggal 11 Maret yang menghancurkan pantai timur laut Jepang. Bencana itu membuat 20.000 orang tewas atau hilang. 100.000 orang terpaksa mengungsi karena melelehnya reaktor nuklir Fukushima Daichi.

Kan mengatakan akan mengundurkan diri setelah parlemen menyetujui serangkaian rancangan undang-undang. Pengunduran diri Kan dapat terjadi seawal pekan depan.

XS
SM
MD
LG