Tautan-tautan Akses

Kondisi Suriah Memburuk, Utusan PBB Serukan Persatuan Internasional


Dengan gagalnya gencatan senjata di Suriah, utusan PBB Lakhdar Brahimi meminta masyarakat internasional bersatu membantu menghentikan pertempuran.

Dengan gagalnya gencatan senjata di Suriah, utusan PBB Lakhdar Brahimi meminta masyarakat internasional bersatu membantu menghentikan pertempuran.

Sebelumnya, Sekjen PBB Ban Ki-moon menyatakan sangat kecewa atas gagalnya upaya menegakkan gencatan senjata di Suriah selama perayaan hari besar Idul Adha.

Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi mengatakan situasi di Suriah semakin memburuk, dan bahwa masyarakat internasional harus bersatu untuk membantu rakyat Suriah menemukan solusi untuk krisis yangs udah berlangsung selama 19 bulan ini.

Setelah pembicaraan Senin di Moskow dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Brahimi mengatakan ia menyesal gencatan senjata hari raya tidak bertahan, tetapi kegagalan itu seharusnya tidak menyurutkan upaya untuk mencari solusi.

Brahimi juga mengatakan PBB tidak mengirim operasi menjaga perdamaian ke Suriah.

Dia menyerukan pemerintah Suriah dan pemberontak yang menentang Presiden Bashar al-Assad untuk melaksanakan gencatan senjata selama hari raya Idul Adha, namun kedua belah pihak terus berperang.

Sebelumnya, dalam pidato hari Senin di Korea Selatan, Sekjen PBB Ban Ki-moon meminta masyarakat internasional agar berbuat lebih banyak untuk membantu menghentikan pertempuran. Ia mengatakan selama masih ada perbedaan pendapat di kalangan masyarakat internasional, penderitaan rakyat Suriah akan terus bertambah.

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris menyatakan 110 orang tewas dalam pertempuran hari Minggu, hari ke-tiga dari gencatan senjata yang seharusnya berlangsung empat hari.
XS
SM
MD
LG