Tautan-tautan Akses

Utusan AS untuk Afghanistan akan Mundur


Dutabesar Amerika untuk Afghanistan, Ryan Crocker menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan sebagai Duta Besar untuk Afghanistan.

Dutabesar Amerika untuk Afghanistan, Ryan Crocker menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan sebagai Duta Besar untuk Afghanistan.

Dutabesar Amerika untuk Afghanistan Ryan Crocker telah menyatakan akan mundur dari jabatannya pada bulan-bulan mendatang.

Pernyataan Dutabesar Amerika untuk Afghanistan Ryan Crocker untuk mundur dari jabatannya ini disampaikan, sementara Amerika dan sekutu-sekutu NATO berusaha mengakhiri perang yang sangat merugikan itu.

Dalam sebuah pernyataan, Kedutaan Amerika di Kabul menyebut Crocker mengukuhkan dengan penyesalan bahwa dia akan mundur sebagai duta besar pada pertengahan 2012. Crocker meninggalkan masa pensiunnya Juli lalu untuk menjadi utusan Amerika. Dia telah membuka kembali kedutaan di ibu kota Afghanistan pada bulan Januari 2002.

Tidak jelas mengapa diplomat veteran ini mengundurkan diri. Pengumuman itu dikeluarkan hari Selasa (22/5), satu hari setelah Presiden Amerika Barack Obama menutup KTT NATO di Chicago yang dilaporkan menghasilkan peta jalan yang jelas bagi peran aliansi itu di Afghanistan.

Obama mengatakan anggota-anggota NATO bersatu mendukung sebuah rencana untuk mengakhiri perang di Afghanistan dan mempersiapkan negara itu memegang komando keamanannya selambat-lambatnya tahun 2014.

Namun presiden mengatakan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, termasuk mencari solusi atas masalah-masalah dengan negara tetangga Afghanistan, Pakistan. Obama mengatakan Pakistan dan Amerika membuat kemajuan dalam pembicaraan untuk membuka kembali perbatasan-perbatasan Pakistan bagi konvoi suplai NATO.

Obama berbincang-bincang singkat dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di sela-sela pertemuan hari Senin itu.
XS
SM
MD
LG