Tautan-tautan Akses

KTT G-8 Utamakan Pertumbuhan dan Lapangan Kerja


Para pemimpin dunia peserta KTT G8 di Camp David (19/5). Dari kiri: Pres.JM Barosso, Pres.Dmitry Medvedev, PM.Yoshihiko Noda, PM.Stephen Harper, Pres.F.Hollande, Pres.Barack Obama, Kanselir Angela Merkel, PM.David Cameron, PM.Mario Monti dan Pres.HV Rompu

Para pemimpin dunia peserta KTT G8 di Camp David (19/5). Dari kiri: Pres.JM Barosso, Pres.Dmitry Medvedev, PM.Yoshihiko Noda, PM.Stephen Harper, Pres.F.Hollande, Pres.Barack Obama, Kanselir Angela Merkel, PM.David Cameron, PM.Mario Monti dan Pres.HV Rompu

Presiden Amerika Barack Obama bersama para kepala pemerintahan negara G8 lainnya merampungkan KTT dua hari di Camp David, Maryland.

Dalam jumpa pers seusai KTT G-8 itu di Camp David, Maryland, Presiden Obama mengatakan pertumbuhan dan lapangan kerja mesti menjadi prioritas utama mereka. Obama mengatakan telah dicapai kesepakatan bahwa banyak yang perlu dilakukan guna menggalakkan pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja di Eropa sementara benua itu menghadapi krisis utang. Ia juga mengemukakan langkah-langkah yang diambil pemerintahannya untuk membantu ekonomi Amerika menyusul krisis ekonomi global.

Obama bersama para pemimpin dunia lain mengatakan penting bagi Yunani untuk tetap dalam anggota 17 negara Zona Euro. Negara yang dibelit utang itu bisa melepaskan diri dari mata uang Euro demi luput dari langkah penghematan, atau dipaksa keluar jika gagal memenuhi kewajibannya.

Dalam pernyataan resmi mereka, para pemimpin G-8 mengemukakan, mereka bertekad mengambil semua langkah yang perlu untuk memperkuat dan menggalakkan perekonomian dan mengatasi ketegangan finansial, menyadari bahwa langkah yang tepat tidaklah sama bagi tiap negara.

Kanselir Jerman, Angela Merkel yang negaranya mendesakkan langkah penghematan yang ketat terhadap negara yang terbelit utang seperti Yunani, mengatakan semua pemimpin sepakat pengetatan fiskal mesti diimbangi usaha mendorong pertumbuhan.

Sebelum KTT dibuka, Presiden Obama mengatakan ia akan mendesak sejawatnya, para kepala pemerintahan G-8 untuk lebih menitikberatkan upaya pro-pertumbuhan seraya mengatasi utang yang terus bertimbun yang mengancam stabilitas Zona Euro.

Secara terpisah, Obama mengatakan KTT Camp David mencakup soal keamanan, juga perubahan iklim, pasar energi, ketahanan pangan, Afghanistan dan peralihan menuju demokrasi yang sedang terjadi di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Setelah KTT G-8 usai, Obama kini mengalihkan perhatian ke kota asalnya Chicago untuk KTT NATO. Para pemimpin NATO diperkirakan akan membahas dan memutuskan tingkat bantuan keuangan bagi militer Afghanistan setelah tahun 2014, tatkala pasukan asing dijadwalkan dengan resmi mengakhiri tugas tempur mereka di sana.
XS
SM
MD
LG