Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Berlakukan Embargo Minyak atas Iran Minggu


Sebuah kapal tanker Iran 'Delvar' (kiri) tengah berlabuh di Singapura (Foto: dok). Uni Eropa akan memberlakukan embargo atas ekspor minyak Iran pada hari Minggu (1/7).

Sebuah kapal tanker Iran 'Delvar' (kiri) tengah berlabuh di Singapura (Foto: dok). Uni Eropa akan memberlakukan embargo atas ekspor minyak Iran pada hari Minggu (1/7).

Uni Eropa dan Amerika menghendaki Iran mengakhiri usaha pengembangan nuklir yang menurut negara-negara Barat dimaksudkan membuat senjata nuklir.

Sebuah embargo minyak Iran oleh Uni Eropa mulai diberlakukan Minggu dan merupakan langkah terakhir dari usaha internasional untuk memaksa Iran menghentikan program nuklirnya yang dipertikaikan.

Uni Eropa dan Amerika menghendaki Iran mengakhiri usaha pengembangan nuklir yang menurut negara-negara Barat dimaksudkan membuat senjata nuklir. Iran mengatakan program nuklirnya ditujukan untuk maksud-maksud damai. Pembicaraan seputar isu ini macet.

Minggu lalu, Korea Selatan mengumumkan pihaknya juga akan menghentikan impor minyak dari Iran, dan menjadi pembeli minyak Asia pertama yang melakukan hal ini.

Dampak dari sanksi ini, yang diumumkan Januari belum jelas. Iran menghasilkan lebih dari 4 juta barel minyak per hari pada 2012, tetapi produksinya jatuh mencapai yang terendah dalam 23 tahun sebelum 1 Juli, tanggal mulai diberlakukannya sanksi. Sementara itu negara-negara penghasil minyak di kawasan Teluk telah meningkatkan pengeboran minyak, sehingga tingkat produksi OPEC mencapai tingkat tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Menurunnya ekonomi dunia juga melemahkan permintaan akan minyak dalam minggu-minggu terakhir, sehingga harganya juga turun dari harga tinggi pada permulaan tahun ini.
XS
SM
MD
LG