Tautan-tautan Akses

6 Negara Kuat Desak Iran Serius dalam Perundingan Nuklir


Perwakilan 6 negara kuat dunia dan Iran kembali melakukan perundingan nuklir di Moskow, Rusia (18/6).

Perwakilan 6 negara kuat dunia dan Iran kembali melakukan perundingan nuklir di Moskow, Rusia (18/6).

Lima negara anggota tetap DK PBB ditambah Jerman berharap, Iran akan merundingkan usul yang mereka ajukan dalam perundingan di Baghdad bulan lalu.

Jurubicara Uni Eropa mengatakan, keenam negara kuat dunia telah membuka babak baru pembicaraan dengan Iran di Moskow dalam upaya menangani keprihatinan internasional mengenai program nuklir Iran, dan menghindari ambruknya diplomasi yang dapat menimbulkan ancaman konflik.

Berbicara kepada VOA melalui telpon dari Moskow, Michael Mann mengatakan, kelima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman berharap, Iran akhirnya akan merundingkan usul yang mereka ajukan dalam perundingan di Baghdad bulan lalu.

Kepala Kebijakan Eropa Catherine Ashton yang mewakili keenam negara memulai perundingan dua hari dengan para diplomat Iran di Moskow hari Senin. Kedua pihak tidak mencapai kemajuan sejak pertemuan bulan April yang mengakhiri kemacetan selama 15 bulan.

Negara-negara kuat dunia menekan Iran agar berhenti memperkaya uranium mencapai kadar kemurnian 20 persen, yang dianggap sebagai langkah terakhir sebelum mencapai uranium tingkat senjata. Iran juga didesak agar menyingkirkan cadangan uranium diperkaya dari wilayahnya, dan menutup fasilitas bawah tanah di Fordo yang menghasilkan bahan itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG