Tautan-tautan Akses

Tumpahan Minyak di Teluk Meksiko Semakin Luas


Gambar satelit NASA yang menunjukkan tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

Gambar satelit NASA yang menunjukkan tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

Lapisan licin minyak yang terbentuk akibat bocornya minyak di bawah laut luasnya menjadi tiga kali lipat dalam beberapa hari.

Lapisan licin minyak yang terbentuk akibat bocornya minyak di bawah laut luasnya menjadi tiga kali lipat dalam beberapa hari belakangan, menurut para pejabat yang bersiap-siap atas kemungkinan bencana lingkungan hidup di sepanjang Pantai Teluk Amerika.

Pasukan Penjaga Pantai Amerika hari Sabtu mengatakan ketinggian gelombang pasang air laut di Teluk Meksiko telah mempersulit upaya membatasi penyebaran minyak, dan angin kuat meniup lapisan minyak ke arah pantai.

Presiden Amerika Barack Obama akan berkunjung ke kawasan itu hari Minggu untuk memeriksa kerusakan dan mengevaluasi tanggapan terhadap keadaan darurat itu.

Pada tanggal 20 April anjungan minyak lepas pantai meledak, menewaskan 11 pekerja dan memicu kebocoran dari kepala sumur di dasar laut, diperkirakan 800.000 liter minyak mentah bocor per harinya.

Lapisan minyak mencapai pantai Louisiana hari Sabtu. Seorang ilmuwan di Universitas Miami mengatakan gambar-gambar satelit menunjukkan lapisan minyak yang licin bertambah dari 2600 kilometer persegi menjadi 9000 kilometer persegi dari tanggal 26 sampai 29 April.

XS
SM
MD
LG