Tautan-tautan Akses

Topan Haiyan Hantam Filipina Tengah, 100 Tewas


Rumah-rumah dekat bandara terlihat hancur akibat hantaman topan kuat Haiyan di kota Tacloban, Filipina tengah, 9 November 2013.

Rumah-rumah dekat bandara terlihat hancur akibat hantaman topan kuat Haiyan di kota Tacloban, Filipina tengah, 9 November 2013.

Filipina sedang menilai kerusakan yang disebabkan topan kuat yang melanda hari Jumat (9/11), yang telah menewaskan lebih dari 100 orang serta menyebabkan kerusakan hebat di bagian tengah negara itu.

Jumlah korban tewas diperkirakan masih akan terus bertambah, meskipun dampak kerusakan serta jumlah korban cedera secara keseluruhan masih belum bisa dipastikan dalam waktu dekat.

Topan Haiyan – salah satu badai terkuat yang pernah tercatat – melanda Filipina tengah, memutus aliran listrik dan komunikasi, meratakan bangunan, mencabut pepohonan, menimbulkan banjir serta tanah longsor.

Topan itu menerpa daratan di pulau Leyte dan Samar, dan menimbulkan gelombang badai setinggi lima meter di beberapa lokasi di negara kepulauan itu.

Hampir 800,000 orang dievakuasi dari rumah mereka menjelang badai, yang di Filipina disebut Yolanda itu. Badai tersebut berdampak pada lebih dari empat juta orang di 36 provinsi.

Topan itu membawa angin berkecepatan 300 kilometer per jam dengan hembusan kuat ketika melanda pulau-pulau itu.

Kekuatan badai itu sempat berkurang ketika menuju ke laut, tetapi bisa menguat lagi dalam perjalanan menuju Vietnam dimana Haiyan diperkirakan akan menerpa hari Minggu.
XS
SM
MD
LG