Tautan-tautan Akses

Topan Haiyan Hantam Filipina Tengah, Sedikitnya 3 Tewas


Seorang pria melewati pohon yang roboh akibat tertiup angin kencang yang dipicu oleh Topan Haiyan di kota Cebu, Filipina tengah (8/11).

Seorang pria melewati pohon yang roboh akibat tertiup angin kencang yang dipicu oleh Topan Haiyan di kota Cebu, Filipina tengah (8/11).

Salah satu topan tropis terkuat menghantam bagian tengah Filipina, sehingga menimbulkan tanah longsor, menghancurkan bangunan-bangunan dan menewaskan paling sedikit tiga orang.

Banyak bagian di Filipina yang mengalami listrik padam dan sambungan komunikasi terputus pada hari Jumat, sewaktu Topan Haiyan menerpa daratan di pulau Leyte dan Samar.

Haiyan, yang di Filipina dikenal sebagai Topan Yolanda, disertai hembusan angin berkecepatan 315 kilometer per jam sewaktu menerpa daratan pulau-pulau tersebut. Sebagian pakar cuaca menyatakan ini adalah topan terkuat yang pernah menghantam daratan.

Para pejabat mengukuhkan, tiga orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka, meskipun jumlah korban tewas tampaknya akan bertambah. Lebih dari 700 ribu orang di 29 provinsi telah diungsikan.

Sonny Coloma, jurubicara presiden, mengatakan, pemerintah sedang bekerja keras membagikan pasokan bantuan dan mencegah jatuhnya korban dalam jumlah besar di wilayah-wilayah yang paling parah dilanda topan.

Tetapi banyak bagian yang paling parah dilanda topan pada hari Jumat (8/11) tidak dapat dijangkau, dan besarnya kerusakan yang ditimbulkan Haiyan tidak diketahui.

Topan ini diperkirakan akan bergerak menuju Laut China Selatan pada hari Sabtu, di mana topan ini akan menguat kembali sewaktu mengarah ke Vietnam.
XS
SM
MD
LG