Tautan-tautan Akses

Topan Kuat Haiyan Hantam Filipina Tengah


Gambar dari badan meteorologi Jepang menunjukkan topan Haiyan saat mendekati kawasan Filipina (7/11).

Gambar dari badan meteorologi Jepang menunjukkan topan Haiyan saat mendekati kawasan Filipina (7/11).

Angin dari topan terkuat tahun ini itu berkecepatan maksimum 315 kilometer per jam di dekat pusatnya, dengan hembusan berkecepatan 380 kilometer per jam.

Begitu Presiden Benigno Aquino memerintahkan rakyat supaya mengungsi, topan tropis terkuat Haiyan atau di Filipina disebut Yolanda menerpa daratan daratan pulau Samar dan pulau Leyte di Filipina timur Jumat pagi, waktu setempat.

Pusat Peringatan Topan Amerika mengatakan sebelum mencapai daratan, angin dari Haiyan berkecepatan maksimum 315 kilometer per jam di dekat pusatnya, dengan hembusan berkecepatan 380 kilometer per jam. Intensitas topan itu, setara dengan badai Kategori 5, diperkirakan tidak akan berkurang secara signifikan sebelum mencapai daratan.

Dalam pidato nasional hari Kamis , Presiden Aquino mengatakan ada “bahaya yang sangat nyata” tetapi menambahkan bahwa “tidak ada badai yang dapat membuat rakyat Filipina yang bersatu untuk bertekuk lutut.”

Dia memperingatkan warga agar berhati-hati dengan gelombang yang bisa mencapai setinggi enam meter di lebih dari 100 wilayah pesisir. Dia mengatakan militer Filipina menyiagakan pesawat, helikopter, dan kapal untuk menanggapi badai itu, dan pasokan bantuan telah disiapkan di daerah-daerah yang diperkirakan akan terkena dampak topan itu.
XS
SM
MD
LG