Tautan-tautan Akses

Filipina Bersiap Hadapi Topan Haiyan


Gambar prakiraan cuaca daerah yang akan terkena hantaman topan Haiyan (Foto: dok/Joint Thypoon Warning Centre).

Gambar prakiraan cuaca daerah yang akan terkena hantaman topan Haiyan (Foto: dok/Joint Thypoon Warning Centre).

Topan Haiyan membawa angin dengan kecepatan hingga 250 kilometer per jam dan diperkirakan akan menguat sebelum mencapai daratan Filipina hari Jumat (8/11).

Topan kuat akan menghantam Filipina Tengah, dimana ribuan warganya telah mematuhi peringatan pemerintah untuk pergi mengungsi.

Topan Haiyan membawa angin dengan kecepatan hingga 250 kilometer per jam dan diperkirakan akan menguat sebelum mencapai daratan hari Jumat.

Banyak warga setempat mengatakan mereka khawatir akan topan yang diperkirakan merupakan topan terkuat yang pernah melanda kawasan itu tahun ini.

Para peramal cuaca memperkirakan Haiyan akan membawa hujan lebat dan angin kencang ketika melewati bagian tengah negara kepulauan yang masih belum pulih dari akibat gempa bumi maut berkekuatan 7,2 skala Richter bulan lalu.

Pihak berwenang menghentikan untuk sementara operasi-operasi feri dan menyarankan kepada kapal-kapal penangkap ikan untuk tidak berlayar. Pasukan militer juga disiapkan untuk mendistribusikan suplai-suplai darurat.
XS
SM
MD
LG