Tautan-tautan Akses

3 Kandidat Capres Partai Republik Bujuk Pejabat Partai


Tiga kandidat Capres AS dari partai Republik, dari kiri: Donald Trump, Senator Ted Cruz, dan Gubernur John Kasich (foto: dok).

Tiga kandidat Capres AS dari partai Republik, dari kiri: Donald Trump, Senator Ted Cruz, dan Gubernur John Kasich (foto: dok).

Ketiga Capres AS dari partai Republik berusaha mempengaruhi penyusunan aturan yang mengatur kontes nominasi pada konvensi nasional Juli mendatang.

Ketiga kandidat presiden dari partai Republik berusaha membujuk pejabat partai di sebuah tempat peristirahatan di Florida dan berusaha mempengaruhi penyusunan aturan yang mengatur kontes nominasi pada konvensi nasional Juli mendatang.

Donald Trump yang memimpin, mengatakan, dia memperkirakan sudah punya mayoritas delegasi yang perlu untuk mengklaim nominasi pada awal Juni.

Tetapi, Trump yang sering menyerang pejabat partai dan mengklaim bahwa aturan pemilihan curang dan merugikan dirinya, mengirim stafnya untuk bertemu Kamis dengan ke 168 pejabat Komite Nasional Republik.

Komite ini dihadapkan pada masalah persaingan memenangkan nominasi, dan ini merupakan yang pertama untuk partai Republik sejak 1976.

Banyak analis politik mengatakan, sebuah konvensi yang diliputi konflik persaingan seputar nominasi merupakan kemungkinan yang cukup nyata.

Pesaing utama Trump Senator Texas Ted Cruz hadir dalam pertemuan partai ini, dan mencemoohkan klaim Trump bahwa dia akan berhasil meraih nominasi ini sebelum konvensi.

“Yang jelas hari ini,” kata Cruz Rabu, “kita menuju sebuah konvensi yang diliputi persaingan nominasi. Tidak ada yang mampu meraih 1237 delegasi.”

Kandidat ke tiga, Gubernur Ohio John Kasich mengatakan di pertemuan partai ini bahwa survei memperlihatkan hanya dirinya saja yang mampu mengalahkan kandidat presiden Demokrat, mantan menlu Hillary Clinton dalam pemilihan November mendatang. [jm]

XS
SM
MD
LG