Tautan-tautan Akses

Trump, Clinton Menang Besar dalam Pemilihan Pendahuluan di New York


Kandidat Capres AS dari kiri: Donald Trump (Partai Republik) dan Hillary Clinton (partai Demokrat) (Foto: dok)

Kandidat Capres AS dari kiri: Donald Trump (Partai Republik) dan Hillary Clinton (partai Demokrat) (Foto: dok)

Milyader Donald Trump dan mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton memenangkan pemilihan pendahuluan di negara bagian New York, sehingga memperbesar keunggulan atas saingan mereka dalam usaha meraih nominasi partai mereka masing-masing.

Di kubu Republik, kandidat capres partai Republik, Donald Trump meraih sekitar 60 persen suara, dibanding Gubernur Ohio John Kasich yang meraih 25 persen dan Senator Texas Ted Cruz yang memperoleh 15 persen. Di kubu Demokrat, Clinton mengalahkan Senator Vermont Bernie Sanders dengan perolehan 58 persen lawan 42 persen.

Para kandidat berusaha meraih mayoritas mutlak untuk memastikan meraih nominasi partai mereka bagi pemilu Presiden November mendatang.

Trump memperoleh seluruh 95 delegasi Partai Republik dari New York sehingga kini memiliki 845 delegasi. Setelah pemilihan pendahuluan Selasa itu, Cruz masih dengan 559 delegasi, sementara Kasih sedikit bertambah dan kini memiliki 147 delegasi. Kandidat Partai Republik perlu meraih 1.237 delegasi untuk memastikan nominasi, sebuah angka yang tidak mungkin dicapai Trump sebelum konvensi partai itu Juli mendatang.

Trump mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya dan terus menggambarkan dirinya sebagai satu-satunya calon Partai Republik yang memiliki cukup dukungan untuk memenangkan nominasi.

Kemenangan Clinton di New York meningkatkan perolehan delegasinya menjadi 1.887, termasuk super delegasi yang telah berjanji untuk mendukungnya, sementara Sanders tertinggal di belakangnya dengan 1.174 delegasi. Partai Demokrat memiliki lebih banyak delegasi secara keseluruhan, sehingga kandidat perlu memperoleh 2.283 delegasi untuk memastikan nominasi. [ab/as]

XS
SM
MD
LG