Tautan-tautan Akses

AS

Ted Cruz Rebut ke-14 Delegasi Wyoming


Kandidat calon presiden dari Partai Republik, Ted Cruz, berbicara dalam kampanye di Syracuse, New York (15/4). (AP/Mel Evans)

Kandidat calon presiden dari Partai Republik, Ted Cruz, berbicara dalam kampanye di Syracuse, New York (15/4). (AP/Mel Evans)

Kemenangan itu membantu Cruz menjaga momentumnya untuk mencegah Trump meraih nominasi sebelum konvensi partai.

Senator Texas Ted Cruz terus mengejar Donald Trump dalam persaingan pemilihan kandidat calon presiden AS dari Partai Republik dengan merebut seluruh 14 delegasi Wyoming hari Sabtu (16/4).

Meskipun jumlah delegasi yang dimenangkan relatif kecil, tetapi kemenangan itu membantu Cruz menjaga momentumnya untuk mencegah Trump meraih nominasi sebelum konvensi partai.

Menurut penghitungan kantor berita Associated Press, Cruz meraih 559 delegasi, dan Trump memperoleh 742 delegasi. Pemenangnya perlu 1,237 delegasi.

Kontes di Wyoming hari Sabtu itu merupakan kontes yang dikelola partai. Trump mengeluhkan kontes itu dalam beberapa hari belakangan. Pebisnis New York itu telah kesulitan berkompetisi dalam kontes semacam itu dimana koneksi dengan aktivis partai merupakan kunci untuk memenangkan delegasi.

Trump lebih sukses dalam kontes yang diputuskan lewat kotak suara, dibandingkan lewat kaukus yang dijalankan oleh orang-orang dalam partai dengan peraturan yang seringkali rumit.

Para pemimpin Republik telah menepis tuduhan Trump yang mengatakan sebagian kontes tidak adil, dan mengatakan bahwa peraturan mengenai kontes-kontes itu telah diputuskan beberapa bulan lalu. Mereka justru menyalahkan kinerja tim kampanye Trump yang buruk.

Cruz menghadiri konvensi negara bagian di Wyoming hari Sabtu. Trump memilih berkampanye di New York, yang akan mengadakan pemilihan pendahuluan hari Selasa. [vm]

XS
SM
MD
LG