Tautan-tautan Akses

AS

Tentara AS Terkait Kasus Wikileaks Minta Dibebaskan dari Tuduhan


Intelijen Angkatan Darat AS, Bradley Manning dikawal ketat menuju pengadilan militer di Fort Meade, Maryland (Foto: dok).

Intelijen Angkatan Darat AS, Bradley Manning dikawal ketat menuju pengadilan militer di Fort Meade, Maryland (Foto: dok).

Pengacara Bradley Manning, analis intelijen Angkatan Bersenjata Amerika yang dituduh membocorkan dokumen-dokumen rahasia kepada WikiLeaks, meminta hakim militer untuk membebaskannya dari semua tuduhan.

Sidang atas permintaan pembebasan tuduhan Bradley Manning itu akan diadakan hari Selasa di pangkalan militer Fort Meade di Maryland. Sidang itu diperkirakan akan berlangsung selama tiga hari.

Manning menghadapi 22 tuduhan, dan yang paling serius diantaranya adalah 'membantu musuh'.

Tim pengacaranya mengatakan para jaksa gagal memenuhi kewajibannya untuk menyediakan informasi yang bisa membantu pembelaan dan oleh karenanya seluruh kasus itu harus dihentikan.

Pengacara Manning juga menyampaikan keberatan khusus atas tuduhan 'membantu musuh'. Pengacara Manning, David Coombs, mengatakan Manning tidak secara khusus dituduh berencana memberi informasi intelijen kepada musuh. Ia juga menulis dalam mosi pembelaan bahwa kliennya 'secara terbuka membantah punya maksud apapun untuk membantu musuh Amerika' dalam rangkaian perbincangannya secara online.

Manning dituduh membocorkan sejumlah kawat-kawat diplomatik dan dokumen militer terkait Irak dan Afghanistan. Jika terbukti bersalah, ia bisa menghadapi hukuman penjara seumur hidup.
XS
SM
MD
LG