Tautan-tautan Akses

AS Beri Rincian Dakwaan Terhadap Sumber WikiLeaks


Intelijen Angkatan Darat AS, Bradley Manning dikawal ketat menuju pengadilan militer di Fort Meade, Maryland (Foto: dok).

Intelijen Angkatan Darat AS, Bradley Manning dikawal ketat menuju pengadilan militer di Fort Meade, Maryland (Foto: dok).

Kejaksaan militer memberi jawaban tertulis mereka atas beberapa pertanyaan mengenai tuduhan yang dihadapi Bradley Manning, Kamis (15/3).

Kejaksaan Amerika memberi rincian dakwaan terhadap seorang analis intelijen Angkatan darat yang dituduh membocorkan dokumen rahasia kepada situs internet anti-kerahasiaan WikiLeaks.

Kejaksaan militer memberi jawaban tertulis mereka hari Kamis atas beberapa pertanyaan mengenai tuduhan yang dihadapi Bradley Manning yang berusia 24 tahun itu.

Manning menghadapi 22 pasal tuduhan, yang paling berat adalah 'membantu musuh.' Hakim militer mengatakan dalam sidang bahwa para jaksa akan mengemukakan argumentasi bahwa tindakan Manning secara tidak langsung membantu al-Qaida, khususnya al-Qaida di Semenanjung Arabia.

Manning menjalani sidang pertama bulan lalu.

Para pakar kejaksaan memberi kesaksian dalam sidang pra-peradilan bulan Desember mereka mendapati bukti Manning mengunduh surat-kawat diplomatik ke compact disc yang dikirim ke WikiLeaks.

Ia dituduh membocorkan banyak surat kawat diplomatik dan dokumen militer yang berhubungan dengan Irak dan Afghanistan.

Pengacara Manning menyebut kliennya seorang yang menderita gangguan jiwa, yang seharusnya tidak diizinkan akses ke bahan rahasia ketika bertugas di Irak antara bulan November tahun 2009 dan Mei 2010. Pengacaranya juga mengatakan pengawasan militer atas komputernya juga terlalu longgar.

Manning terancam hukuman penjara seumur hidup kalau didapati bersalah.

XS
SM
MD
LG