Tautan-tautan Akses

Sudan Selatan Tuduh Sudan Lancarkan Perang


Warga Sudan selatan di ibukota Juba melakukan protes atas penyerbuan oleh Sudan (foto: dok).

Warga Sudan selatan di ibukota Juba melakukan protes atas penyerbuan oleh Sudan (foto: dok).

Perunding Sudan Selatan mengatakan kepada wartawan bahwa hingga hari Minggu, militer Sudan masih membombardir Sudan Selatan.

Sudan Selatan menuduh Sudan melancarkan perang dan menggagalkan perundingan perdamaian Uni Afrika yang bertujuan untuk menghentikan bentrokan di perbatasan yang kian meningkat.

Dalam pembicaraan di Addis Ababa hari Minggu, pimpinan perunding Sudan Selatan Pagan Amum menuduh Khartoum melakukan serangan udara tujuh hari berturut-turut.

Sementara itu, Sudan menuduh pasukan angkatan darat Sudan Selatan memasuki daerah penghasil minyak Hegling di perbatasan yang disengketakan kedua negara, beberapa kilometer ke wilayah Sudan.

Amum membantah kehadiran tentara Selatan di Sudan. Ia juga mengemukakan bahwa menteri pertahanan Sudan, Abdul Raheem Muhammed Hussein, tidak menghadiri pertemuan keamanan yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Menurutnya hal ini membuktikan Sudan sudah menolak pembicaraan yang ditengahi oleh Uni Afrika.

Presiden Sudan dan Sudan Selatan dijadwalkan bertemu di Juba pada 3 April untuk membahas sengketa perbatasan dan penghasilan dari minyak. Kini tidak jelas apakah pertemuan akan berlangsung sesuai rencana, meskipun para anggota panel mediasi menyatakan masih mengharapkan pertemuan akan dilanjutkan.
XS
SM
MD
LG