Tautan-tautan Akses

Snowden Masih Tak Terlihat di Bandara Moskow


Para penumpang transit beristirahat di kafe bandara Sheremetyevo, Moskow, sementara layar TV menyiarkan berita Edward Snowden, Rabu (26/6).

Para penumpang transit beristirahat di kafe bandara Sheremetyevo, Moskow, sementara layar TV menyiarkan berita Edward Snowden, Rabu (26/6).

Presiden Putin Selasa (25/6) mengukuhkan, bahwa Snowden berada di zona transit bandara Moskow, namun Rusia tak akan menyerahkannya ke Washington.

Mantan kontraktor intelijen Amerika Edward Snowden menghabiskan hari keempat tanpa terlihat publik di sebuah bandara di Moskow, Rabu, sementara para pejabat Amerika terus menekan Rusia untuk mengekstradisinya.

Presiden Rusia Vladimir Putin hari Selasa (25/6) mengukuhkan bahwa Snowden berada di zona transit bandara Sheremetyevo, Moskow, namun Rusia tidak berniat mengekstradisi Snowden ke Washington.

Berbicara dalam kunjungan ke Finlandia, Putin mengatakan tudingan bahwa Rusia melanggar hukum dalam kasus itu tidak masuk akal dan sembarangan. Ia mengatakan, Rusia tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Amerika.

Snowden diburu pemerintah Amerika karena mengungkapkan dua program pengintaian rahasia tingkat tinggi Amerika dan informasi-informasi intelijen rahasia lainnya. Namun Putin mengatakan, Snowden tidak melanggar hukum di Rusia. Ia mengatakan Snowden adalah manusia bebas dan semakin cepat ia memutuskan tujuan akhir perjalanannya semakin baik.

Ia juga mengatakan Snowden tidak pernah bekerjasama dengan dinas-dinas keamanan Rusia. Putin mengatakan, ia berharap masalah ini tidak mempengaruhi hubungan dengan Washington.

Sebelumnya Selasa, Menteri Luar Negeri John Kerry mengatakan, Amerika tidak mencari konfrontasi dan menyerukan ketenangan dan kebijakan dalam situasi Snowden.
XS
SM
MD
LG