Tautan-tautan Akses

AS Tuduh China Sengaja Biarkan Snowden Kabur


Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan Beijing menghormati pemerintah Hong Kong dalam 'menangani' kasus Snowden (foto: dok).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan Beijing menghormati pemerintah Hong Kong dalam 'menangani' kasus Snowden (foto: dok).

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Senin (24/6) bahwa kaburnya Edward Snowden dari Hong Kong ke Moskow memiliki 'dampak negatif' pada hubungan Amerika-China.

Gedung Putih telah menuduh pemerintah China sengaja membiarkan mantan kontraktor intelijen Amerika yang buron, meninggalkan Hong Kong, meskipun Amerika menuntut ekstradisi warganya itu.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan perjalanan Edward Snowden hari Minggu dari Hong Kong ke Moskow dengan sebuah pesawat penumpang Rusia "tidak diragukan lagi memiliki "dampak negatif" pada hubungan Amerika-China.

Mantan kontraktor Badan Kemanan Nasional Amerika itu menghadapi dakwaan spionase di Amerika karena membocorkan program pengintaian Amerika yang dirahasiakan.

Berbicara kepada wartawan hari Senin, Carney mengatakan Amerika yakin Beijing membuat "pilihan yang disengaja" untuk membiarkan Snowden meninggalkan Hong Kong walaupun adanya surat perintah penangkapan Amerika yang “sah”.

Sebelumnya pada hari itu, Kepala Daerah Administrasi Hong Kong Leung Chun-ying mengatakan “tidak ada dasar hukum” untuk mencegah Snowden pergi sementara mereka memproses permintaan ekstradisi Amerika dan “meminta Amerika untuk menyediakan informasi penting lebih lanjut” mengenai kasus itu. Leung mengatakan pihak berwenang juga tidak menerima dokumen yang menunjukkan bahwa paspor Amerika milik Snowden sudah dicabut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan Beijing "menghormati" penanganan pemerintah Hong Kong atas Snowden. Dia tidak memberikan rincian mengenai peran yang mungkin dimainkan pemerintah China dalam kasus ini.
XS
SM
MD
LG