Tautan-tautan Akses

Putin: Snowden di Zona Transit dan Tak akan Diekstradisi


Meski mendapat desakan Washington, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Edward Snowden tidak akan diekstradisi ke Amerika (foto: dok).
Meski mendapat desakan Washington, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Edward Snowden tidak akan diekstradisi ke Amerika (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Edward Snowden tidak akan diekstradisi ke Amerika dan kini berada di zona transit salah satu bandara di Moskow.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Edward Snowden, bekas pegawai kontrak dinas intelijen Amerika, kini berada di zona transit salah satu bandara di Moskow tetapi tidak akan diekstradisi ke Amerika.

Ketika berbicara dalam kunjungan ke Finlandia, Putin membantah dan menyebut tuduhan bahwa Rusia melanggar hukum dalam kasus ini “omong kosong.” Ia mengatakan Rusia tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Amerika.

Snowden dicari oleh Amerika karena membocorkan sepasang program pengintaian rahasia Amerika dan berbagai intelijen rahasia lainnya, tetapi Putin mengatakan Snowden tidak melanggar UU di Rusia. Ia mengatakan Snowden adalah orang bebas dan lebih cepat Snowden memilih tujuan finalnya akan lebih baik baginya.

Putin juga mengatakan Snowden tidak pernah bekerja dengan badan-badan keamanan Rusia. Putin mengatakan insiden ini tidak akan mempengaruhi hubungan dengan Amerika.

Hari Selasa pagi (25/6), Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan Amerika tidak menghendaki konfrontasi dan menghimbau “ketenangan dan pemikiran yang masuk akal” terkait situasi Snowden ini.

Recommended

XS
SM
MD
LG