Tautan-tautan Akses

Para Siswa AS Coba Atasi Defisit Anggaran Lewat Permainan Game Online

  • Mike O'Sullivan

Para siswa SMA di berbagai kota AS yang memainkan game 'Budget Hero' menyadari bahwa mengurangi defisit anggaran negara bukan persoalan mudah.

Para siswa SMA di berbagai kota AS yang memainkan game 'Budget Hero' menyadari bahwa mengurangi defisit anggaran negara bukan persoalan mudah.

Sewaktu komite khusus Kongres di Washington berupaya mencari cara untuk mengurangi defisit anggaran pemerintah, para siswa di Los Angeles dan kota-kota Amerika lain juga berusaha mengatasi masalah itu lewat permainan game online.

Para siswa SMA di Los Angeles dan kota-kota Amerika lain mengatakan game yang disebut Budget Hero menunjukkan kepada mereka bagaimana sulitnya memangkas belanja negara sebesar 1,2 trilyun dolar dalam 10 tahun ke depan. Itulah kesulitan yang sekarang sedang dihadapi Kongres Amerika.

Game itu dikembangkan tahun 2008, dan dalam versi terbarunya, para siswa bisa menetapkan tujuan yang mendasari pilihan mereka, seperti misalnya membentuk pemerintahan yang efisien, menurunkan pajak, menjaga kelestarian lingkungan atau memajukan pertahanan nasional. Menggunakan data dari Kantor Anggaran Kongres Amerika, game itu menunjukkan dampak anggaran yang nyata dari setiap pilihan yang mereka buat.

Proses itu penting, ujar siswa Dory Bennett. Ia mengatakan pengurangan belanja penting untuk mempertahankan ekonomi dan merealisir cita-cita Amerika yang kuat.

“Saya ingin jadi dewasa, berpeluang kuliah, punya pekerjaan bagus, berkeluarga, mungkin bisa punya anjing dan membeli rumah,” ujarnya.

Seperti para anggota Kongres di Washington, para siswa berkutat dengan isu-isu itu.

Seorang mantan anggota Kongres memberi beberapa nasehat kepada para siswa itu. Jane Harmon yang pernah sembilan kali menjalani masa jabatan sebagai anggota Kongres dan sekarang mengepalai Woodrow Wilson Center for International Scholars, serta ikut mengembangkan game online itu mengatakan sejauh ini lebih dari sejuta orang memainkan game itu dan mereka belajar dua hal penting.

“Pertama, pengurangan anggaran sulit dilakukan. Kedua, itu bisa dilakukan apabila ada kemaunan untuk melakukannya,” papar Harmon.

Siswa Jeffrey Burke setuju bahwa pengurangan anggaran tidak mudah dilakukan.

Ia memaparkan, “Bagi kami, hal tersulit untuk dipikirkan adalah pengurangan-pengurangan kecil seperti uang bensin dan sejenisnya, kenaikan pajak BBM, karena menurut kami kebijakan itu akan berdampak ke mana-mana, mulai dari supir truk yang mengirim barang-barang ke seluruh negeri atau ketika memesan barang dari Amazon sampai … kita harus menyupir ke tempat kerja. Jadi kita harus memperhatikan hal-hal kecil dan memahami bahwa kalau jumlah pengurangannya kecil tidak berarti pengaruhnya kecil.”

Jane Harmon, seorang Demokrat, mengatakan bahwa Kongres bisa menyeimbangkan anggaran tahun 1997, ketika ia mewakili California di Washington…. dan para siswa ini lebih berhasil melakukannya daripada anggota-anggota Kongres saat ini.

Para siswa SMA itu mengatakan, setelah memainkan Budget Hero, mereka lebih memahami kesulitan-kesulitan yang dihadapi Kongres, dan mereka setuju bahwa menentukan pos-pos belanja yang harus dipangkas adalah bagian tersulit.

XS
SM
MD
LG