Tautan-tautan Akses

Obama Optimis Para Pemimpin Eropa Mampu Atasi Krisis Utang


Presiden AS Barack Obama pada jumpa pers hari terakhir KTT G20 di Cannes, Perancis, Jumat (4/11).

Presiden AS Barack Obama pada jumpa pers hari terakhir KTT G20 di Cannes, Perancis, Jumat (4/11).

Menurut Presiden AS Barack Obama, para pemimpin Eropa telah membangun landasan kokoh untuk mengatasi krisis utang di kawasan tersebut.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan para pemimpin dunia telah mencatat kemajuan penting dalam menstabilkan perekonomian dunia, dan bahwa ia yakin pemimpin-pemimpin Eropa akan mampu menyelesaikan krisis utang di benua tersebut.

Presiden Obama memberitahu para wartawan pada hari Jumat di akhir KTT G20 di Cannes, Perancis, bahwa upaya lebih jauh harus ditempuh untuk menyelesaikan masalah-masalah utang Eropa. Tetapi, ia mengatakan para pemimpin Eropa telah membangun landasan kokoh untuk mengatasi krisis tersebut dengan rancangan pemangkasan utang Yunani yang disepakati pekan lalu, berikut langkah-langkah reformasi. Termasuk dalam reformasi perbankan Eropa adalah rekapitalisasi bank-bank dan peningkatan pertahanan dana talangan benua itu untuk mengatasi kondisi darurat pada masa mendatang.

Sekarang, menurut Presiden Obama, rencana Eropa hanya tinggal dilaksanakan. Namun Presiden Obama mengakui bahwa kinerja perekonomian negaranya, Amerika Serikat, masih buruk. Ia menambahkan Amerika mengetahui bahwa sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia, hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengembangkan perekonomian Amerika agar berjalan lebih cepat.

Presiden Obama memuji Tiongkok yang dalam KTT G20 itu setuju mengambil langkah-langkah tambahan guna mendorong ekonominya di dalam negeri, untuk memangkas surplus perdagangan luar negeri yang besar yang telah menimbulkan defisit perdagangan sangat luar biasa dengan Amerika.

XS
SM
MD
LG