Tautan-tautan Akses

Komisi Khusus Pengurangan Defisit Umumkan Kegagalan Kesepakatan


Super Komite telah mengumumkan kegagalan kesepakatan mereka untuk mengurangi defisit anggaran pemerintah Amerika (foto: dok).

Super Komite telah mengumumkan kegagalan kesepakatan mereka untuk mengurangi defisit anggaran pemerintah Amerika (foto: dok).

Dengan kegagalan ini, Amerika akan mengalami pemotongan besar-besaran anggaran pertahanan dan program-program sosial mulai bulan Januari tahun 2013.

Komisi khusus Kongres Amerika yang ditugasi mencari cara mengurangi 1,2 triliun dolar defisit federal Amerika dalam 10 tahun mendatang telah gagal mencapai persetujuan.

Kedua ketua ke-12 anggota komisi pengurangan defisit itu mengeluarkan pengumuman dalam pernyataan hari Senin. Para anggota komisi mengatakan, “Walaupun kami tidak mampu menjembatani perbedaan pandangan yang besar dalam komisi, kami mengakhiri proses ini dengan menyatukan keyakinan bahwa krisis keuangan negara harus ditanggulangi dan kita tidak dapat meninggalkan masalah ini untuk diselesaikan generasi berikut."

Komisi yang terdiri dari enam orang dari fraksi Republik dan enam orang dari fraksi Demokrat itu tadinya diharapkan mencapai kesepakatan sebelum hari Rabu, tetapi mengakui kegagalan usaha tersebut hari Senin. Dengan tidak adanya persetujuan, pemotongan otomatis secara besar-besaran untuk anggaran pertahanan dan program-program sosial akan berlaku, mulai bulan Januari tahun 2013.

Presiden Amerika Barack Obama semalam bertekad akan mem-veto setiap usaha untuk membatalkan pemotongan anggaran otomatis itu.

Menteri Pertahanan Leon Panetta juga mengeluarkan pernyataan, yang memperingatkan bahwa pemotongan anggaran pertahanan akan mematahkan pertahanan negara.

Karena pemotongan itu baru mulai berlaku satu tahun lagi, para pakar mengatakan rancangan alternatif masih dapat diatur.

XS
SM
MD
LG