Tautan-tautan Akses

Serbia Tangkap 7 Orang Terkait Pembantaian Srebrenica


Peta wilayah Serbia dan Kroatia.

Peta wilayah Serbia dan Kroatia.

Penangkapan tersebut merupakan penangkapan pertama oknum yang terlibat langsung dalam pembantaian warga sipil paling keji di Eropa sejak Perang Dunia II.

Polisi Serbia telah menangkap tujuh orang yang dicurigai terlibat dalam pembantaian Srebrenica bulan Juli 1995 di Bosnia, sewaktu 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim dibunuh oleh para pejuang Serbia Bosnia.

Seorang jaksa di Beograd mengatakan hari Rabu, para tersangka itu diduga telah melakukan kejahatan perang terhadap warga sipil. Mereka secara khusus dituduh terlibat dalam pembunuhan seribu orang di sebuah gudang di pinggir kota Srebrenica.

Tahun2011, Serbia menangkap Ratko Mladic, pemimpin yang dianggap bertanggung jawab melancarkan pembantaian paling keji dalam Perang Bosnia. Dia sekarang diadili oleh mahkamah kejahatan internasional di Den Haag.

Tetapi kantor berita Associated Press melaporkan, penangkapan ketujuh orang itu, hari Rabu, adalah penangkapan pertama oknum yang terlibat langsung dalam pembantaian tersebut, pembantaian warga sipil paling keji di Eropa sejak PD II.

Pada awal Perang Bosnia tahun 1992, Srebrenica adalah kota utama Muslim di Bosnia yang dikuasai Serbia, oleh sebab itu di bawah perlindungan PBB. Bulan Juli 1995, pasukan Serbia Bosnia menggempur daerah perlindungan itu, memisahkan kaum wanita dan anak-anak dari kaum pria, kemudian secara sistematis membunuh kaum pria dalam pembunuhan masal. Kuburan-kuburan masal ditemukan di daerah itu di kemudian hari.

XS
SM
MD
LG